nusabali

Aktif Gerakkan Pemuda, Ketua PPI Bali Raih Penghargaan Hindu Muda Award

  • www.nusabali.com-aktif-gerakkan-pemuda-ketua-ppi-bali-raih-penghargaan-hindu-muda-award

Ketua Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Provinsi Bali, I Dewa Agung Christos Sugandha Putra, belum lama ini menerima penghargaan Hindu Muda Award ke-16 tahun 2018 sebagai Tokoh Pemuda Hindu.

DENPASAR, NusaBali

Ia terpilih karena aktif menggerakkan pemuda khususnya Paskibraka se-provinsi Bali yang telah purna tugas. Hindu Muda Award yang diselenggarakan oleh Forum Intelektual Muda Hindu Dharma (FIMHD) ini merupakan satu bentuk penghargaan independen yang melibatkan intelektual muda Hindu guna mencari tokoh-tokoh Hindu baik di bidang pendidikan, wanita, budaya, pemerintahan, ekonomi, dharma duta, kepemudaan, kesehatan, lingkungan, sosial, seni, dan juga tokoh pembaharu. Para tokoh ini akan dicatat dalam tinta sejarah Hindu Indonesia.

Penilaiannya melibatkan survey di masyarakat melibatkan popularitas tokoh di masyarakat, kontribusi terhadap Hindu sesuai dengan bidangnya masing-masing, serta mampu menjadi figur bagi generasi muda Bali. Tokoh yang diberikan penghargaan juga diharapkan figur yang netral dan jujur, serta dinilai bersih oleh masyarakat. Ia tidak ragu menyebut dirinya ‘Hindu’ dalam setiap aktivitas dan gerakannya.

Dewa Sugandha Putra selama ini dikenal sebagai Ketua PPI Bali. PPI Bali menjadi wadah bagi paskibraka yang sudah purna bertugas. Hingga kini ribuan purna paskibraka bergabung dalam wadah tersebut. Tidak hanya aktif dalam membina paskibraka jelang HUT Proklamasi Kemerdekaan RI, PPI Bali juga aktif membina kedisiplinan pemuda lewat beberapa kegiatan, salah satunya lomba keterampilan baris berbaris, yang belum lama ini dilaksanakan.

“Saya bersyukur dan tidak menyangka bisa mendapatkan award ini. Semoga ini menjadi motivasi untuk berbuat lebih banyak lagi untuk orang banyak. Termasuk berbuat untuk Hindu,” ungkapnya.

Selain Dewa Suganda Putra, penghargaan yang diserahkan langsung Dr Shri Gusti Ngurah Arya Wedakarna MWS III di Istana Mancawarna, Tampaksiring, Gianyar itu  juga diberikan kepada

Ida Pandita Mpu Nabe Sri Rastra Jaya Wiguna (Tokoh Brahmana Hindu), Mr Manohar Puri (Tokoh Internasional Hindu), SMK Pariwisata Dalung (Prada), I Gede Suta Bayu Bagas Karayana (Tokoh Seni Hindu), Prof I Ketut Subagiasta (Tokoh Intelektual Hindu), Dr Ir Alit Artha Wiguna (Tokoh Ekonomi Hindu), I Ketut Wiadnyana (Tokoh Petani Hindu), Acarya Vibhakarananda Avadhuta (Tokoh Ashram Hindu), Agung Widiastuti (Tokoh Perempuan Hindu), serta Made Sudarsana (Tokoh Pembaharu Hindu). *ind

Komentar