nusabali

Tompi dan Glenn Fredly Road Show ke Bali Disambut Gerimis

  • www.nusabali.com-tompi-dan-glenn-fredly-road-show-ke-bali-disambut-gerimis
  • www.nusabali.com-tompi-dan-glenn-fredly-road-show-ke-bali-disambut-gerimis
  • www.nusabali.com-tompi-dan-glenn-fredly-road-show-ke-bali-disambut-gerimis
  • www.nusabali.com-tompi-dan-glenn-fredly-road-show-ke-bali-disambut-gerimis

Bicara soal musik untuk perubahan.

DENPASAR, NusaBali.com
Hari terakhir Narasi Road Show diwarnai dengan keseruan Tompi dan Glenn Fredly, musisi papan atas tanah air yang mengadakan sesi talk show bersama beberapa pembicara inspirarif seperti Robi Navicula dan JFlow. Meski sempat diguyur hujan ringan, acara yang berlangsung pada Rabu (20/3) di Panggung Terbuka Natya Mandala, ISI Denpasar, ini tetap berlangsung meriah.

Talk show yang berlangsung di bawah gerimis sedang itu pun terasa hangat tatkala Tompi dan Glenn Fredly sempat memperdengarkan suara emasnya sebelum memandu talk show yang bertajuk ‘Music of Change.’ Talk show yang dipromotori oleh Narasi.tv besutan Najwa Shihab itu pun mengundang Robi Navicula, musisi sekaligus aktivis lingkungan untuk berbicara mengenai musik untuk perubahan dan proyek bertemakan lingkungan yang sedang digelutinya. Selain Robi, ada pula Rapper Indonesia, JFlow, yang melejit setelah lagunya bersama Dira Sugandi menjadi lagu penutup di ajang Asian Games.

Berangkat dari tema besar Narasi Road Show, yakni ‘Suara Penentu,’ keempat musisi tersebut membagikan pemikiran-pemikirannya seputar musik yang bukan hanya sebagai hiburan, melainkan juga dapat menjadi sebuah media untuk menyampaikan aspirasi, bahkan pemersatu, seperti yang disampaikan Tompi dalam sesi wawancaranya bersama awak media. “Kita menyadari, bahwasannya peran musik itu tidak hanya sebagai media hiburan. Jadi, musik itu idealnya sudah menjadi sebuah alat untuk menyampaikan pesan, gagasan, dan ide-ide perubahan,” pungkasnya.

Personil Trio Lestari itu pun menyampaikan pandangannya, bahwa saat ini suasana politik sedang panas, hingga diwarnai isu-isu perpecahan yang bertentangan dengan kebinekaan. Menurutnya, di sinilah peran musik, yakni untuk mewaraskan orang-orang yang berselisih paham. Selain itu, Indonesia memiliki angka pemilih milenial yang tinggi, yang mana porsi tersebut akan sangat menentukan arah Indonesia 5 tahun ke depan. “Jadi, jangan milih dengan emosional atau paksaan. Jadilah pemilih yang lebih dewasa,”  Lanjut Tompi .
Sementara, Glenn Fredly juga menambahkan bahwa tonggak suara penentu di Indonesia adalah generasi mudanya. Ia juga mengimbau generasi muda agar ikut berperan aktif dalam perkembangan negara. “Dampak dari suara penentu itu bisa dilihat secara general, bahwa masa depan ini bergantung dengan generasi mudanya. Yang dimaksud sebagai suara penentu itu sebenarnya anak mudanya, jadi menurut saya anak muda harus berperan aktif untuk melihat perkembangan keadaan negara ini,” tandas Glenn.

Robi yang telah berkarya selama 20 tahun di industri musik pun merasa terpanggil untuk mengolaborasikan musik dengan kepeduliannya terhadap lingkungan. Hal itu dibuktikan dengan proyek yang saat ini dikerjakannya dalam bentuk film dokumenter bertajuk ‘Pulau Plastik.’ Sebuah misi untuk menampar masyarakat akan kebiasaan buruk yang berdampak fatal bagi lingkungan, salah satunya mengenai perlakuan sampah plastik yang dibuang pada tempat-tempat yang tidak semestinya. “Karena tadi ngomongnya musik sebagai media perubahan, kebetulan juga saya sudah 20 tahun di industri musik dan kebetulan juga menjadikan musik sebagai media perubahan. Membagi gagasan dari berbagai perspektif, misalnya tentang lingkungan,” ucap Vokalis Navicula itu pada NusaBali.

Gerimis sedang yang sedari tadi mengguyur, akhirnya berakhir di penghujung talkshow. Hal ini sekaligus menutup rangkaian Narasi Road Show yang mendaulat Bali sebagai kota kesembilan setelah sebelumnya digelar di Kota Padang. Acara yang berlangsung selama 2 hari sejak Selasa (19/3) tersebut diwarnai dengan berbagai acara, seperti creatalks bersama pembicara-pembicara inspiratif kalangan muda. Selain itu, ada pula pertunjukan musik oleh Nosstress, Navicula, hingga pemutaran film oleh Teppy dan Ayu Laksmi yang menambah semarak road show kali ini. *cr41

Komentar