nusabali

Lalin Denpasar – Singaraja Terganggu

  • www.nusabali.com-lalin-denpasar-singaraja-terganggu

Pohon tumbang di Banjar Sayan Delodan, Desa Werdi Bhuwana, Kecamatan Mengwi, Badung. Seorang pengguna jalan mengalami luka lecet tergores ranting pohon.

MANGUPURA, NusaBali

Arus lalu lintas (lalin) di jalur utama Denpasar – Singaraja sempat terganggu beberapa saat, Selasa (12/3) siang sekitar pukul 14.30 Wita. Penyebabnya, terjadi pohon tumbang dan melintang di tengah badan jalan tepat berada di Banjar Sayan Delodan, Desa Werdi Bhuwana, Kecamatan Mengwi, Badung.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Badung cepat turun ke lokasi untuk mengevakuasi pohon tumbang tersebut. Tak lebih 15 menit kemudian, pohon jenis suar dengan panjang 10 meter dan diameter 50 cm berhasil dipotong dan arus lalin kembali normal.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Badung Ni Putu Ermy Setiari, mengatakan pohon tumbang disebabkan hujan deras disertai angin yang mengguyur wilayah Mengwi dan sekitarnya pada Selasa sore kemarin. “Cuaca ekstrem pada saat kejadian, hujan deras dan angin sehingga mengakibatkan pohon tumbang,” ujarnya.

Walau kejadian ini sempat membuat arus lalin dari dan menuju Singaraja terganggu, namun Ermy Setiari menegaskan gangguan tersebut tidak berlangsung lama. “Petugas cepat turun ke lokasi begitu ada informasi pohon tumbang, setelah ditangani lalu lintas kembali normal,” katanya.

“Syukurlah tidak ada korban jiwa, walau tadi sempat ada warga yang melintas terkena ranting pohon dan alami luka lecet sedikit pada bagian kaki. Identitas warga bernama Ni Nyoman Wiratni, 32, asal Baturiti, Tabanan,” ungkap Ermy Setiari.

Lantaran cuaca kerap berubah-ubah, pihaknya mengimbau seluruh masyarakat agar lebih waspada. Jika mencurigai pohon berusia tua rawan tumbang, diharap segera lapor kepada pihak terkait untuk dilakukan penebangan. *asa

Komentar