nusabali

Karangasem Target Empat Gelar Juara

  • www.nusabali.com-karangasem-target-empat-gelar-juara

Yang menjadi wakil Karangasem merupakan guru berpengalaman, pilihan dan kinerjanya telah teruji serta siap bersaing.

Lomba Guru Berprestasi Tingkat Provinsi Bali


AMLAPURA, NusaBali
Delapan guru berprestasi asal Karangasem yang telah lolos seleksi, siap adu pintar di Lomba Guru Berprestasi Tingkat Provinsi Bali. Lomba di Provinsi Bali dibagi dua gelombang, untuk kelompok Guru digelar 4-6 Juni dan kelompok Kepala Sekolah digelar 11-13 Juni di Hotel Mahajaya Denpasar.

Karangasem dalam lomba kali ini, setidaknya menargetkan empat gelar juara. "Kan prestasi guru Karangasem di Tingkat Provinsi Bali, telah teruji, maka tidak berlebihan pasang target empat gelar juara," jelas Kadisdikpora Karangasem I Gusti Ngurah Kartika di Amlapura, Minggu (20/5). Sebab, yang menjadi wakil Karangasem merupakan guru berpengalaman, dan pilihan, kinerjanya telah teruji dan siap bersaing. Seleksi guru berprestasi sebelumnya dilaksanakan di SMPN 2 Amlapura, Selasa (15/5).

Delapan guru pintar yang siap berlaga di Provinsi Bali hasil seleksi sebelumnya: Dewa Ayu Anom Pratiwi guru TK Negeri Pembina Karangasem, I Ketut Parna guru dari SDN 2 Tianyar Tengah (Kecamatan Kubu), guru SMP I Gede Sarya dari SMPN 4 Abang, Kasek TK Ni Ketut Susun dari TK Semara Giri Kecamatan Selat, Kasek SD I Wayan Kariasa dari SDN 5 Sibetan (Kecamatan Bebandem), Kasek SMP Ketut Suparjana dari SMPN 2 Rendang, pengawas SD Ngakan Putu Suarjana dari pengawas SD Disdikpora Kecamatan Rendang dan pengawas SMP Ida Bagus Japa dari pengawas SMP Disdikpora Karangasem.

Sedangkan yang ambil bagian dalam lomba: guru TK diikuti 4 guru, Kasek TK sebanyak 4 guru, pengawas TK sebanyak 1 guru, guru SD sebanyak 8 guru, Kasek SD sebanyak 7 guru, pengawas SD sebanyak 7 guru, guru SMP 5 guru, Kasek SMP sebanyak 3 guru, dan pengawas SMP sebanyak 4 guru.

Di nomor Kasek SMP diikuti 3 guru, bertindak sebagai dewan juri I Wayan Darma dan I Nyoman Purna. Ketiga kasek itu: Ketut Suparjana Kasek SMPN 2 Rendang, I Nyoman Nestra Kasek SMPN 5 Abang dan I Wayan Darpi Kasek SMPN 1 Bebandem. Nomor itu dimenangkan Kasek SMPN 2 Rendang Ketut Suparjana.

"Kami siap tampil optimal di Lomba Kasek SMP Berprestasi Tingkat Provinsi Bali, mudah-mudahan mampu membawa pulang prestasi untuk Karangasem," jelas Ketut Suparjana. Secara psikologis, Kasek Suparjana berpengalaman juara. Sebelumnya juara Karya Tulis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menjadi yang terbaik di Bali dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah, Hari Guru ke-70, Rabu (25 November 2015) dan prestasi lainnya.

Sisa waktu jelang lomba, delapan guru berprestasi itu intensif melakukan pembinaan. "Jelang lomba kami melakukan pembinaan, termasuk evaluasi kekurangan yang dilakukan tahun-tahun sebelumnya. Sehingga tak terulang kembali, sehingga target juara bisa tercapai," jelas Kadisdikpora Gusti Kartika. Selain Kadisdikpora Gusti Kartika turut nantinya membina guru berprestasi itu, juga melibatkan Kepala Bidang Pembinaan SMP I Wayan Sarya yang berpengalaman menjadi juara di Tingkat Provinsi Bali. k16

Komentar