nusabali

Ikut Kompetisi, Voice of Bali Kurang Dana

  • www.nusabali.com-ikut-kompetisi-voice-of-bali-kurang-dana

Paduan suara asal Bali, Voice of Bali (VoB) kembali mengikuti kompetisi internasional. 

JAKARTA, NusaBali
Kali ini mereka ikut 13 th Busan Choral Festival and Competition 2017, Korea yang berlangsung pada 5-9 September mendatang. Mereka telah mempersiapkan diri dengan matang agar mendapat hasil bagus di kompetisi tersebut.

"Persiapan kami sudah mencapai 75 persen baik penampilan maupun dana," ujar salah satu personil VoB I Made Budiantara Putra kepada NusaBali, Selasa (8/8).
 
Latihan mereka lakukan dari Senin sampai Jumat di sekretariat. Terkadang mereka pinjam gereja atau auditorium RRI, Denpasar untuk berlatih di tempat besar.

Mereka dilatih oleh Joseph Sulaksana dan dibantu oleh Andreas Sungeg yang bertugas memperbaiki vokal. Pria yang biasa disapa Budi ini mengatakan, rombongan VoB yang berangkat ke Korea berjumlah 31 orang. Rinciannya 1 kondakter, 1 official dan 29 singer. Oleh karena itu, mereka mereka masih kekurangan dana Rp. 100 juta.

Mereka berusaha untuk mendapatkan dana sebesar itu dengan "ngamen" di sejumlah event atau pelayanan ke gereja. Budi berharap, ada donatur yang mau menyumbangkan dana kepada mereka agar kekurangan tersebut bisa diatasi.
 
Busan Choral Festival and Competition sendiri berlangsung setiap tahun. Namun baru kali ini mereka berpartisipasi. VoB mengikuti dua kategori, ethnic atau tradisional music dan Pop and Gospel. Untuk tradisional music mereka membawakan lagu Bubuy Bulan, Ahtoi Porosh dan Tari Kembang Janger. Berhubung mereka membawakan salah satu lagu dari Pulau Dewata, mereka menggunakan kostum adat Bali.

Sementara di kategori Pop dan Gospel, mereka akan menyanyikan Burung Camar, I'm Certainly Living a Regtime Life dan My Heart is Singing a Love Song. Pria yang mewakili Bali dalam paduan suara Gita Bahana Nusantara (GBN) 2015 ini berharap, VoB menang.

Memang, kata Budi, persaingan disana ketat. Mereka pun telah memetakan paduan suara mana yang kuat. Antara lain dari Filipina, karena tahun lalu paduan suara dari negara tersebut menjadi juara. Namun hal itu tak membuat VoB pesimistis. Mereka justru yakin bisa mendapatkan hasil bagus.

Pasalnya, saat mengikuti kompetisi di Thailand pada 2016 lalu, mereka berhasil meraih dua emas. Lalu pada 6 Agustus kemarin, mereka telah melakukan konser pre kompetition bertajuk From Bali with Love 3. "Semoga di Busan, kami bisa membawa prestasi untuk Indonesia, khususnya Bali," ucap Budi. *k22

Komentar