nusabali

Rebut Hadiah Uang Rp 198 Juta

  • www.nusabali.com-rebut-hadiah-uang-rp-198-juta

142 regu atau pleton siswa SD ikut berpartisipasi dalam peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-72, dalam lomba gerak jalan 8 kilometer.

142 Regu SD Ikuti Gerak Jalan HUT RI Ke-72


SINGARAJA, NusaBali
Jumlah peserta tahun ini pun disebut rekor baru oleh KONI Buleleng sebagai penyelenggara lomba, karena terus meningkat setiap tahunnya.

Lomba gerak jalan merupakan agenda tahunan peringatan HUT RI di Buleleng. Lomba ini mengambil start di depan lapangan Bhuwana Patra Buleleng. Tidak peduli panas terik matahari, seluruh peserta lomba sudah mulai mengambil start sejak pukul 13.00 Wita.

Lomba gerak jalan 8 km untuk siswa SD dari sembilan kecamatan di Buleleng tersebut, merupakan salah satu agenda rutin yang dilakukan oleh KONI Buleleng. Ketua Panitia Gerak Jalan 8 Km, Dr I Gusti Lanang Agung Parwata, Selasa (8/8), di garis start depan GOR Bhuwana Patra, mengatakan jumlah peserta terus meningkat dari tahun ke tahun. Ini menandakan semangat peringatan HUT RI sangat melekat dan dirasakan oleh generasi muda.

Ia juga mengatakan melalui lomba gerak jalan tersebut, diharapkan dapat membentuk mental, disiplin dan semangat juang, para generasi muda. “Tidak hanya sehat jasmani dan semangat juang tetapi juga juga diharapkan dapat membangun semanbat bahu membahu dalam menyukseskan pembangunan,” ujar Lanang.

Setiap peserta diwajibkan menempuh rute 8 km, diawali dengan pelepasan di depan GOR Bhuana Patra, Jalan Udayana, Singaraja. Kemudian menempuh rute menuju jalan Pramuka, Diponegoro, Imam Bonjol, Gajah Mada, lanjut Jalan Veteran, kemudian Jalan Pahlawan, Laksamana, A Yani, Dewi Sartika dan finish kembali di depan GOR Bhuwana Patra.

Wakil Bupati Buleleng dr Nyoman Sutjidra SpOG yang hadir dalam pelepasan peserta lomba, menjelaskan, terpenting dalam pelaksanaan lomba gerak jalan, adalah mengajarkan dan menerapkan kepada generasi muda sejarah dan semangat perjuangan bangsa Indonesia.

Pihaknya sangat mengapresiasi peningkatan jumlah peserta yang signifikan. “Hal ini sangat luar biasa. Para siswa sangat antusias. Apalagi seluruh kecamatan mengirimkan wakilnya,” ucap Sutjidra.

Selain itu, Sutjidra menilai peningkatan jumlah peserta tersebut menandakan bagaimana peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI sangat dirasakan siswa-siswa SD. Dari jumlah peserta juga menunjukkan betapa antusiasnya para siswa SD ini. Sekolah pun mendukung para siswanya untuk mengikuti lomba ini. “Lomba ini akan dipertahankan setiap tahunnya. Lomba ini juga merupakan tradisi di Buleleng sehingga harus dipertahankan,” tegasnya.

Guna memotivasi ratusan pleton peserta ini, panitia menyediakan total hadiah Rp 46 juta. Juara I meraih uang pembinaan Rp 15 juta, Juara II Rp 12 juta, Juara III Rp 10 juta, Juara Harapan I Rp 8 juta, Juara Harapan II Rp 7 juta, serta Juara Harapan III Rp 6 juta. Setiap petaiah juara berhak atas piala serta piagam.

Selain itu, untuk peserta yang masuk finish secara sah, dan belum beruntung untuk mendapatkan gelar juara, mendapatkan uang pembinaan. Total hadiah untuk lomba gerak jalan 8 km SD Rp 198 juta. *k23

Komentar