nusabali

KONI Panggil Seluruh Pelatih PON

  • www.nusabali.com-koni-panggil-seluruh-pelatih-pon

DENPASAR, NusaBali - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Bali akan memanggil seluruh pelatih cabang olahraga (cabor) yang lolos Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh dan Sumatera Utara. Pemanggilan itu dijadwalkan pada Senin (22/4). Hanya saja, ada beberapa cabor tidak masuk list pemanggilan, seperti panjat tebing dan kabaddi.

Dari informasi yang dihimpun, pemanggilan terhadap pelatih itu sesuai surat yang dikeluarkan KONI Bali dengan nomor 184/KONI-Bali/IV/2024. Adapun isi surat itu terkait pengelolaan keolahragaan dalam rangka persiapan Provinsi Bali mengikuti PON XXI/2024. Sesuai dengan tata kelola keolahragaan secara visioner, transparan, akuntabel, efesien dan efektif. Surat itu pun ditembuskan ke pelatih seluruh cabor, namun ada yang tidak masuk list.

Total pelatih yang dipanggil mencapai 167 orang dari 47 cabang olahraga. Hal ini pun menjadi polemik karena ada dua cabor yang pelatihnya tidak dimasukkan dalam list, yakni panjat tebing dan kabaddi. Padahal, dua cabor itu telah meloloskan atlet ke PON Aceh dan Sumatera Utara. Belum diketahui secara pasti penyebab tidak masuknya nama pelatih dari dua Cabor itu, dugaan awal karena belum menyetor nama ke KONI Bali.

Ketua Federasi Olahraga Kabaddi Seluruh Indonesia (FOKSI) Bali, Made Sukawan Adika tidak memungkiri terkait tidak dipanggilnya pelatih dari Kabaddi untuk rapat di KONI Bali itu. Menurut dia, pihaknya sudah mengirim nama-nama seluruh pelatih dan official yang mendampingi atlet nantinya. Namun, sebagaimana dari informasi yang berseliweran, tidak ada pemanggilan untuk pelatih cabornya itu. 

"Sudah kirim semua ke KONI Bali terkait data-data Pelatih dan Official nantinya. Itu semua kewenangan KONI, sejauh ini memang belum ada pemangilan. Kami tetap fokus latihan di masa desentralisasi dengan materi penguatan fisik dan teknik," kata Sukawan Adika.

Sementara itu, Ketua KONI Bali, I Gusti Ngurah Oka Darmawan tidak memungkiri terkait pemanggilan seluruh pelatih cabor untuk rapat evaluasi di kantor KONI Bali itu. Menurut dia, seluruh cabor sudah dilayangkan surat untuk menghadiri kegiatan. Namun, dia juga tidak memerinci secara pasti alasan terkait adanya pelatih cabor yang tidak ikut dipanggil. Meski demikian, dia berkeyakinan bahwa proses itu sudah sepenuhnya ke seluruh pelatih cabor yang lolos PON. 

"Semuanya sudah dilayangkan surat. Itu semua ada 49 cabor yang lolos PON Aceh dan Sumatera Utara. Itu berproses semua," kata Oka Darmawan,  secara terpisah. dar

Komentar