nusabali

Angin Kencang, Dahan Pohon Perindang Tumbang

  • www.nusabali.com-angin-kencang-dahan-pohon-perindang-tumbang

NEGARA, NusaBali - Dahan pohon perindang di Jalan Gatot Subroto, Kelurahan Banjar Tengah, Kecamatan Negara, Jembrana, tumbang pada Senin (29/4) siang. Peristiwa ini terjadi akibat angin kencang.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Kalaksa BPBD) Jembrana I Putu Agus Artana Putra, mengatakan dahan pohon perindang yang tumbang tersebut adalah jenis pohon Ketapang. Pohon yang dahannya tumbang itu berdiameter sekitar 11 centimeter dan tinggi sekitar 10 meter.

Beruntung tidak ada korban ataupun kendaraan yang tertimpa. Namun dahan pohon itu menimpa kabel PLN dan menutup setengah badan jalan sehingga mengganggu kelancaran arus lalu lintas. “Karena angin kencang. Kejadian sekitar pukul 12.45 Wita dan dilaporkan sekitar pukul 12.50 Wita,” ujar Agus Artana. 

Begitu menerima laporan, Tim Reaksi Cepat (TRC) dan Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Jembrana dikerahkan ke lokasi kejadian. Penanganan pohon tumbang itu juga melibatkan pihak PLN. Penanganan selesai pada pukul 13.05 Wita. 

Agus Artana mengimbau masyarakat untuk selalu waspada terhadap cuaca ekstrem yang dapat mengakibatkan bencana seperti pohon tumbang. Jika melihat pohon yang rapuh atau berpotensi tumbang, diimbau untuk melapor kepada pihak terkait agar dapat dilakukan penanganan. 7 ode

Komentar