nusabali

Sekda Alit Wiradana Hadiri Pujawali di Pura Swagina Taman Sari

  • www.nusabali.com-sekda-alit-wiradana-hadiri-pujawali-di-pura-swagina-taman-sari

DENPASAR, NusaBali - Sekda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana menghadiri Pujawali di Pura Swagina Taman Sari, Desa Dangin Puri Kangin, Kecamatan Denpasar Utara, Anggara Kliwon Tambir, Selasa (23/4).

Pelaksanaan Pujawali di Pura Taman Sari dihadiri pamedek silih berganti dengan diiringi tatabuhan, kakawin, topeng wali, serta Tari Rejang. Pujawali akan berlangsung selama 3 hari, dan upacara penyineban berlangsung pada 26 April 2024 mendatang. Hadir Anggota DPRD Kota Denpasar dari Fraksi PDIP Eko Supriyadi, Kepala BNN Kota Denpasar AKBP I Ketut Adnyana Putera, S.Si, Kabag Kesra Setda Kota Denpasar Ida Bagus Alit Surya Antara dan Camat Denpasar Utara I Wayan Yuswara serta tokoh masyarakat setempat.

Sekda Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana, berharap dalam pelaksanaan pujawali ini, dalam semangat ngayah, pangempon dan warga selalu dianugrahi keselamatan serta kerahayuan dari Ida Shang Hyang Widhi Wasa. "Dalam pelaksanaan Pujawali Pura Taman Sari di Desa Dangin Puri Kangin, kita memohon kerahayuan, tuntunan Ida Shang Hyang Widhi Wasa dalam menjalankan swadarma kita masing-masing," ujar Sekda Alit Wiradana.

Sementara Ketua Pangempon Pura Swagina Taman Sari, Dr. Drs I Nengah Narsa mengatakan, pelaksanaan piodalan ini rutin dilaksanakan setiap tahun yang jatuh pada Purnama Jiyestha. "Pujawali kali ini menggunakan upakara bebangkit dan di puput oleh Ida Pedanda Tegal Jingga," ujar Narsa. 
 
Lebih lanjut dijelaskan Narsa, bahwa Pura Swagina Taman Sari merupakan Pura Ulun Carik. Karena lahan persawahan telah berubah fungsi menjadi pasar, sekolah, hingga perkantoran maka, berdasarkan petunjuk Ida Pedanda penyebutan Pura sebagai Pura Swagina Taman Sari yang berarti Pura yang dipuja dari berbagai profesi. "Dengan dilaksanakannya pujawali ini, ke depan dapat meningkatkan Srada Bhakti terhadap Ida Sang Hyang Widi Wasa dan mempererat tali persaudaraan antar umat,” ujar Narsa. 

“Terlebih ini merupakan Pura milik masyarakat, sehingga tak hanya dari pengempon, melainkan kantor maupun sekolah-sekolah yang berada di sekitar  wilayah Pura Swagina Taman Sari diharapkan bisa ikut serta dalam setiap rangkaian upacara," tegasnya. mis

Komentar