nusabali

3 Penumpang Terjaring Tanpa Identitas

Satpol PP Badung Sidak Duktang di Terminal Mengwi

  • www.nusabali.com-3-penumpang-terjaring-tanpa-identitas

Satpol PP Badung nantinya juga akan melakukan sidak bertahap hingga ke tingkat desa guna memastikan penduduk yang datang tertib adminitrasi.

MANGUPURA, NusaBali
Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Badung mulai bergerak melakukan inspeksi mendadak (sidak) terhadap penduduk pendatang (duktang) pasca libur panjang Lebaran. Sidak digelar di Terminal Tipe A Mengwi, Desa Mengwitani, Kecamatan Mengwi, sejak Sabtu (13/4). Dari dua hari pelaksanaan sidak ditemukan tiga orang duktang tanpa membawa identitas.

Kepala Satpol PP Badung I Gusti Agung Ketut Suryanegara, mengatakan sidak di hari pertama, Sabtu (13/4) jumlah bus di terminal kedatangan sebanyak 27 bus, dengan 478 orang penumpang. Dari hasil pengecekan, didapati penumpang yang terjaring tidak membawa identitas sebanyak tiga orang.

Walau begitu, ketiganya memiliki penjamin dan tidak dipulangkan kembali ke tempat asalnya. “Tiga orang ini sudah dibina dan sudah ada penjamin dari pihak keluarga,” ujarnya, Minggu (14/4).

Birokrat asal Denpasar ini menambahkan, ketiga orang tersebut akan menuju Kota Denpasar saat terjaring sidak di Terminal Mengwi. Lantaran telah memiliki penjamin, sehingga petugas kemudian mengizinkan melanjutkan perjalanan. “Identitas penjamin juga dituangkan dalam surat pernyataan,” ucap Suryanegara.

Lebih lanjut Suryanegara mengatakan sidak hari kedua, Minggu (14/4), jumlah bus yang tiba di Terminal Mengwi tercatat 19 unit dengan jumlah penumpang sebanyak 494 orang. Dari hasil sidak hari kedua, tidak ditemukan penumpang tanpa identitas. “Sejauh ini penumpang tanpa membawa identitas baru kita temukan di hari pertama (Sabtu),” katanya.

Suryanegara menambahkan, setelah sidak duktang di Terminal A Mengwi, Satpol PP Badung nantinya juga akan melakukan sidak bertahap hingga ke tingkat desa guna memastikan penduduk yang datang tertib adminitrasi. Sidak duktang yang akan dilakukan di tingkat desa akan menyasar kantong-kantong duktang di enam kecamatan.

“Minggu depan prioritas pada desa/kelurahan yang penduduk non permanennya cukup banyak,” ucapnya. 7 ind

Komentar