nusabali

Calon Paskibraka Kota Denpasar Digemleng Latihan Fisik

  • www.nusabali.com-calon-paskibraka-kota-denpasar-digemleng-latihan-fisik

Sebanyak 70 peserta calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Denpasar mulai digembleng, Selasa (1/8) di Lapangan Lumintang, Denpasar.

DENPASAR, NusaBali

Penggemblengan yang dilakukan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) ini sebagai persiapan menjelang peringatan HUT ke-72 RI pada 17 Agustus 2017.

Sekretaris Kesbangpol, I Gusti Agung Putera Dhyana, mengatakan pengibaran dan penurunan bendera dengan kesiapan Paskibraka Denpasar telah disiapkan secara matang dari pemilihan calon Paskibraka.

Calon-calon Paskibraka yang terdiri dari pasukan 17, pasukan 8 dan pasukan 45 telah melalui seleksi ketat, yang mana seleksi tersebut sudah dilaksanakan pada bulan lalu, dan sudah terpilih 70 calon Paskibraka yang akan menjalani latihan fisik selama seminggu hingga 9 Agustus 2017.

"Tahapan selanjutnya yakni tanggal 10 sampai 18 Agustus mendatang semua calon Paskibraka akan masuk basecamp di Hotel Batukaru digembleng teknis terkait pengibaran bendera,” ujarnya.

Dikatakan, semua calon pada tanggal 15 Agustus akan dikukuhkan menjadi Paskibraka Kota Denpasar, yang sudah siap menjalankan tugas pada tanggal 17 Agustus 2017.

“Sejauh ini persiapan kami sudah cukup matang, tinggal lebih memantapkan lagi sehingga pada saat peringatan detik-detik Proklamasi bisa berjalan dengan sukses,” pungkasnya.

Salah seorang Tim Pelatih Paskibraka Kota Denpasar, Pelda I Wayan Purna mengatakan, kegiatan ini sudah dimulai sejak 24 Juli 2017 lalu. Para calon Paskibraka digembleng latihan dasar perseorangan, disiplin jasmani, dan mental, yang selanjutnya akan masuk dengan pengenalan kelompok  17, kelompok 8 dan kelompok 45. Disamping itu, calon Paskibraka juga diperkenalkan formasi kelompok serta tanggal 15 Agustus mereka akan melakukan gladi pengibaran bendera sekaligus pengukuhan.

“Saya rasa semua sudah berjalan sesuai dengan program yang kita berikan, yang meliputi latihan fisik maupun perseorangan, tinggal sekarang menyempurnakannya saja,” kata Wayan Purna.

Sementara, salah seorang calon Paskibraka Kota Denpasar, I Gusti Ayu Intan Candra Dewi, mengaku senang dan bangga bisa terpilih sebagai calon Paskibraka Kota Denpasar. “Saya merasa senang, selain menambah ilmu dan pengetahuan di sini kita diajarkan bagaimana bersikap disiplin yang tentunya menambah pengalaman saya pribadi,” ujarnya. *cr63

Komentar