nusabali

Pertamina Tahan Harga Pertamax Series di Bulan Juni

  • www.nusabali.com-pertamina-tahan-harga-pertamax-series-di-bulan-juni

JAKARTA, NusaBali.com - Pertamina melalui PT Pertamina Patra Niaga mengumumkan bahwa harga BBM nonsubsidi, yakni Pertamax series dan Dex series, tidak akan mengalami kenaikan pada bulan Juni 2024.

"Meskipun harga minyak dunia menunjukkan tren naik dan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS melemah, kami tetap memutuskan untuk tidak menaikkan harga BBM non subsidi pada bulan Juni," ujar Irto Ginting, Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, dalam keterangan resminya, Sabtu (1/6/2024).

Keputusan ini diambil berdasarkan Kepmen ESDM No. 245.K/MG.01/MEM.M/2022 tentang formulasi harga JBU atau BBM non subsidi.

Adapun harga BBM Pertamina di wilayah Jawa pada Juni 2024 adalah:
  • Pertamax: Rp12.950 per liter
  • Pertamax Green 95: Rp13.900 per liter
  • Pertamax Turbo: Rp14.400 per liter
  • Dexlite: Rp14.550 per liter
  • Pertamina Dex: Rp15.100 per liter
Di wilayah Bali, harga Pertamax sedikit berbeda, yaitu Rp13.200 per liter.

Pemerintah telah menahan kenaikan harga BBM baik subsidi maupun nonsubsidi sejak awal tahun 2024 untuk membantu pemulihan ekonomi masyarakat pasca pandemi COVID-19.

Meskipun harga minyak dunia terus bergejolak, pemerintah masih mempertimbangkan kemampuan fiskal negara sebelum memutuskan potensi kenaikan harga BBM di masa depan.

Penahanan harga BBM ini merupakan bukti komitmen Pertamina dalam mendukung stabilitas ekonomi nasional dan membantu masyarakat di tengah situasi yang penuh tantangan.

Komentar