nusabali

Menjelajahi Cita Rasa Pedas Kerajaan-Kerajaan Bali di Royal Chilli Festival 2024

  • www.nusabali.com-menjelajahi-cita-rasa-pedas-kerajaan-kerajaan-bali-di-royal-chilli-festival-2024

GIANYAR, NusaBali.com - Bagi para pecinta kuliner pedas, bersiaplah untuk menjelajahi sensasi baru di Royal Chilli Festival 2024, sebuah festival yang menghadirkan 49 resep sambal legendaris dari kerajaan-kerajaan di Bali. Festival ini diselenggarakan di Taman Safari Bali, dari tanggal 7 hingga 19 April 2024.

"Bali terkenal dengan cita rasa kuliner yang pedas. Sambal bukan hanya sekedar pelengkap, namun menjadi elemen utama yang membangkitkan cita rasa otentik dari hidangan-hidangan tradisional Bali," ungkap Hans Manansang, Direktur Marketing Taman Safari Indonesia, Minggu (7/4/2024).

Lebih menariknya lagi, festival yang disajikan di Restoran Uma ini menghadirkan resep-resep sambal rahasia yang dulunya hanya disajikan kepada para raja Bali. Resep-resep berharga ini dikumpulkan kembali oleh Taman Safari Indonesia bekerja sama dengan beberapa Puri, sebutan untuk kerajaan di Bali.

"Melalui festival ini, kami ingin melestarikan budaya kuliner Indonesia dan mempromosikan keanekaragaman hayati. Sebagai pecinta satwa liar dan pecinta budaya lokal, kami sadar akan pentingnya menjaga warisan kuliner tradisional," kata Hans.

Dewandra Djelantik, perwakilan dari Puri Agung Karangasem, mengungkapkan rasa bangganya dapat membagikan warisan keluarga kerajaan ini kepada masyarakat luas. "Dapur-dapur kerajaan Bali terkenal akan keahlian mereka dalam meracik sambal, menciptakan rasa pedas dan aroma yang unik. Melalui Bali Royal Chili Festival, kami ingin memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk merasakan cita rasa unik yang selalu menghiasi meja kerajaan," ujarnya.

Selain menghadirkan berbagai sambal istimewa, festival ini juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan menarik, seperti cooking class, demo masak, dan pertunjukan seni budaya Bali.

Pada pembukaan Royal Chili Festival menghadirkan demo membuat sambal yang dilakukan oleh maestro kuliner Bali, Gusti Nyoman Darta. Ikut hadir dalam festival ini pakar kuliner nasional William Wongso yang memuji keanekaragaman sambal-sambal Bali sebagai kekayaan Nusantara.

Bintang Puspayoga, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Indonesia, yang turut hadir dalam acara pembukaan festival ini, mengapresiasi kegiatan ini sebagai upaya untuk melestarikan budaya dan memberdayakan perempuan.

"Kegiatan ini luar biasa. Pembelajaran tidak hanya keanekaragaman sambal tapi edukasi kepada anak-anak kita bahwa perempuan bagian pemegang melestarikan budaya kita," kata Bintang.

Beberapa jenis sambal khas dari Bali yang menggugah selera.

Beberapa partisipan yang menyajikan sambal di Bali Royal Chili Festival
  • Puri Kaliungu Denpasar: Sambal Matah, Sambal Embe, Sambal Tomat, Sambal Lalah, Sambal Sere Lemo, dan Sambal Kecap 
  • Puri Klungkung: Sambal Pangi, Sambal Kecombrang, Sambal Kemangi, dan Sambal Belimbing Wuluh 
  • Puri Kerambitan Tabanan: Sambal Mekeber, Sambal Tomat, Sambal Mercon, Sambal Bawang, Sambal Terasi, Sambal Belimbing Wuluh
  • Puri Agung Karangasem: Sambal Lendok, Sambal Sere Metunu, Sambal Cabe Hijau, Sambal Kredek, dan Sambal Pemelecingan 
  • Puri Jro Kuta Denpasar
  • Puri Parean Tabanan
  • Puri Bongkasa Badung
  • Puri Ageng Marga Tabanan
Bagi para pecinta kuliner pedas dan budaya Bali, Royal Chilli Festival 2024 adalah sebuah acara yang tidak boleh dilewatkan. Festival ini bukan hanya menawarkan sensasi rasa pedas yang unik, tetapi juga memberikan kesempatan untuk mempelajari sejarah dan budaya kuliner kerajaan-kerajaan Bali.


Komentar