nusabali

Empat Pemain Batal Perkuat Timnas U-23

STY Gunakan Dua Ujicoba untuk Tes Fisik dan Taktik

  • www.nusabali.com-empat-pemain-batal-perkuat-timnas-u-23

STY memastikan Indonesia siap tempur menghadapi Arab Saudi dalam ujicoba pada Jumat malam waktu Dubai, sebelum berangkat ke Qatar. Para pemain tak ada yang cedera sehingga dapat turun bergantian.

DUBAI, NusaBali
Empat pemain penting dipastikan batal bergabung bergabung Tim Nasional Indonesia U-23 dalam Piala Asia U-23 di Qatar, pada 15 April hingga 3 Mei. Yakni, Alfeandra Dewangga, Elkan Baggott, Justin Hubner, dan sebelumnya Nathan Tjoe-A-On juga batal bergabung.

"Saat ini Elkan (Baggott), Alfeandra Dewangga, dan Justin Hubner, tidak pasti bergabung. Kami mengalami kesulitan (dalam memanggil pemain), tapi memang harus dipersiapkan," kata Pelatih Timnas U-23 Shin Tae-yong (STY), di laman resmi PSSI, Jumat (5/4).

STY menjelaskan, Dewangga (PSIS Semarang) gagal berangkat ke Dubai karena harus menjalani operasi kecil akibat ada benjolan di dekat ketiaknya. Sedangkan Hubner, pihak klub Cerezo Osaka menolak melepasnya karena masih dibutuhkan klub asal Jepang tersebut. 

Lalu Elkan Baggott belum diketahui informasi pasti terkait alasan batal bergabung. Untuk merespons kondisi itu, STY memanggil Kakang Rudianto asal klub Persib Bandung untuk menambah amunisi skuad Garuda Muda.

Meski ada beberapa pemain absen, STY memastikan Indonesia siap tempur menghadapi Arab Saudi dalam ujicoba pada Jumat, sebelum berangkat ke Qatar. Para pemain tidak ada yang cedera sehingga dapat turun secara bergantian.

"Persiapan kami baik. Dalam uji coba nanti, kami mau mengetes kondisi para pemain seperti apa. Nanti kami akan membagi tim menjadi dua per 45 menit," ujar STY.

Lebih lanjut STY menjelaskan, uji coba itu menargetkan untuk melihat sekaligus mengecek kondisi para pemain dari sisi fisik dan juga taktik. 

Sementara itu, Nathan Tjoe-A-On tidak dilepas klubnya di Belanda, SC Heerenveen. Sedangkan Marselino Ferdinan hingga Jumat (5/4) pagi waktu Dubai, belum bergabung TC Timnas U-23. Marselino dikhabarkan akan merapat di Dubai pada 8 April 2024.

Sedangkan tiga pemain abroad sudah bergabung TC Timnas U-23 di Dubai. Ketiganya adalah duo Liga Belanda, Ivar Jenner dan Rafael Struick serta bek Suwon FC di Korea Selatan, Pratama Arhan.

"Pratama Arhan tiba di Dubai. Untuk Nathan Tjoe-A-On dan Alfeandra Dewangga tidak jadi bergabung dengan Timnas U-23," ujar asisten pelatih Timnas U-23, Nova Arianto, kepada Bola.com.

Saat ini, Nathan sedang menjalani masa peminjaman di tim Eredivisie, SC Heerenveen, dari kontestan kasta kedua Liga Inggris, Swansea City. 

Piala Asia U-23 memang tidak masuk kalender FIFA. Sehingga setiap klub, termasuk SC Heerenveen, berhak menahan Nathan dari panggilan Timnas U-23.

Pada Piala Asia U-23, Indonesia di Grup A bersama tuan rumah Qatar, Australia, dan Yordania. Indonesia melakoni laga perdana melawan Qatar pada 15 April, Australia pada 18 April, dan Yordania pada 21 April. ant

Komentar