nusabali

Terminal Mengwi Jadi Taman Edukasi Transportasi Darat

  • www.nusabali.com-terminal-mengwi-jadi-taman-edukasi-transportasi-darat

MANGUPURA, NusaBali - Terminal Tipe A Mengwi tidak hanya menjamu penumpang. Terminal angkutan darat di Desa Mengwitani, Kecamatan Mengwi, Badung ini juga jadi taman bermain dan belajar anak-anak PAUD.

Program ini bagian dari gebrakan Pengawas Terminal Mengwi yang baru bertugas sejak lima bulan lalu, Ardani Nirwesthi. Kata perempuan yang sebelumnya bertugas di Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Bali, hal ini bagian dari upaya meramaikan terminal sesuai imbauan Ditjen Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan RI.

“Kami berupaya mengadakan agenda-agenda kegiatan untuk meramaikan terminal, salah satunya adalah mengedukasi anak-anak PAUD,” kata Ardani, Selasa (26/3) sore.

Melalui program ini, anak-anak diedukasi tentang transportasi dan keselamatan bertransportasi. Mereka dikenalkan dengan rambu lalu lintas, cara menyeberang jalan, cara memakai helm yang benar, dan tentunya tentang Terminal Mengwi.

Mengingat peserta program ini adalah anak-anak usia dini, kegiatan yang disiapkan bersifat permainan. Tim dari pengawas Terminal Mengwi memanfaatkan media audio visual, gerakan senam, dan alat peraga seperti kostum berbentuk bus dan transportasi darat lainnya. Anak-anak diajak bermain peran. Ada yang memakai kostum transportasi darat, ada juga yang menjadi pejalan kaki. Peran ini dimainkan di atas matras raksasa bergambar jalan raya lengkap dengan marka dan rambunya.

“Dalam sepekan ini, sudah ada tiga PAUD/Playgroup/TK yang berkunjung ke Terminal Mengwi,” ungkap Ardani.

Sejauh ini, beberapa lembaga PAUD yang sudah berkunjung berasal dari berbagai daerah. Mulai dari Desa Mengwitani, PAUD di wilayah Kecamatan Mengwi dan Badung secara umum. Kemudian dari Denpasar dan juga Gianyar. 7 ol1

Komentar