nusabali

Bagian Pengadaan Baru Terima 2 Paket Lelang

  • www.nusabali.com-bagian-pengadaan-baru-terima-2-paket-lelang

AMLAPURA, NusaBali - Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Setdakab Karangasem I Gusti Bagus Budiadnyana menyatakan baru menerima 2 paket pekerjaan untuk dilelangkan. Semestinya, paket lelang jasa konstruksi sudah masuk ke Bagian PBJ sehingga cukup waktu untuk melakukan pengerjaan.

"Sementara baru 2 paket lelang dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan," jelas Kabag PBJ I Gusti Bagus Budiadnyana di Amlapura, Minggu (24/3). Mestinya, lanjut Gusti Budiadnyana, Maret 2024, OPD mulai memasukkan dokumen lelang. Dengan itu, kelompok kerja, langsung bisa memroses lelang. 

Kata dia, persyaratan dokumen lelang, yakni berisi data lelang, bentuk surat penawaran, lampiran, surat penunjukan, surat perjanjian, syarat-syarat umum kontrak, syarat-syarat khusus kontrak, spesifikasi umum dan spesifikasi teknis. Juga memuat RAB (rencana anggaran biaya), gambar teknis, DPA (dokumen pelaksanaan anggaran) telah masuk APBD.

Jelasnya, setelah memasukkan dokumen lelang di Bagian PBJ, kemudian diupload ke LPSE (Layanan Pengadaan Secara Elektronik). Kemudian didistribusikan ke kelompok kerja, selanjutnya dokumen lelang itu direview bersama PPK (pejabat pembuat komitmen), setelah itu barulah diumumkan adanya lelang melalui aplikasi.

Hal itu diatur Surat Edaran Menteri PUPR Nomor 14/SEM/2018, tentang Pemberlakuan Standar Dokumen Pemilihan Pengadaan Jasa Konstruksi. Juga diatur Keppres Nomor 16 tahun 2018 tentang Pengadaan Barang dan Jasa.

"Mestinya lebih awal mengadakan lelang jasa konstruksi, sehingga pengerjaannya lebih cepat selesai, dan tidak kena musim hujan, Jika pengerjaannya di akhir tahun, biasanya kena musim hujan, pekerjaan jadi terhambat," kata Gusti Budiadnyana.

Peserta lelang secara online, katanya, bisa dari se-Indonesia. Petugas Pokja tidak tahu berapa jumlah rekanan mengajukan penawaran apalagi menyangkut nilai penawaran. Nantinya setelah saatnya dibuka, baru ketahuan, jumlah rekanan yang ikut lelang.

Kadis PUPR Perkim (Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman) Karangasem Wedasmara mengakui, belum mengajukan dokumen lelang. "Ada 44 paket lelang nantinya kami ajukan. Sementara belum bisa ajukan dokumen lelang karena syarat administrasinya masih berproses," jelas Wedasmara. Paling lambat, April 2024, mulai ajukan dokumen lelang, agar segera bisa menggelar lelang jasa konstruksi, lebih awal.7k16

Komentar