nusabali

Satpol PP Badung Raih Penghargaan Provinsi dan Nasional

  • www.nusabali.com-satpol-pp-badung-raih-penghargaan-provinsi-dan-nasional

MANGUPURA, NusaBali - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Badung meraih dua penghargaan sekaligus saat momen peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-74 Satpol PP dan Ke-62 Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Provinsi Bali. Penghargaan tersebut diberikan saat Apel Peringatan HUT Satpol PP dan Satlinmas tingkat Provinsi Bali yang dipusatkan di Lapangan Puspem Badung, Jumat (22/4).

Tahun ini Satpol PP Badung meraih penghargaan Bali Trepti dari Pemprov Bali. Penghargaan ini merupakan penghargaan untuk kedua kalinya yang diterima Satpol PP Badung. Selain itu, secara nasional Satpol PP Badung juga dinobatkan sebagai penerima penghargaan Karya Bhakti Satpol PP dari Kemendagri.

Kasatpol PP Badung I Gusti Agung Ketut Suryanegara, mengatakan dua penghargaan ini menjadi kado istimewa di HUT Ke-74 Satpol PP dan HUT Ke-62 Satlinmas Provinsi Bali. “Untuk penghargaan, syukur, astungkara Kabupaten Badung untuk yang kedua kalinya mendapat penghargaan Bali Trepti, dari Pemerintah Provinsi Bali,” ujar Suryanegara.

Selain penghargaan tingkat Provinsi, Satpol PP Badung pada tahun ini juga sukses meraih penghargaan Karya Bhakti Satpol PP dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Dikatakan, penghargaan Karya Bakti dari Kemendagri juga menjadi yang kedua kali untuk Bali. Sebelum Badung, Kota Denpasar pernah mendapat Karya Bhakti dari Kemendagri ini pada 2018. 

“Badung patut berbangga, karena boleh dikatakan untuk di Provinsi Bali, Badung satu-satunya yang meraih penghargaan bergengsi, ini juga yang kedua kali untuk Bali mendapat karya bakti, setelah sebelumnya Denpasar di tahun 2018,” beber birokrat asal Denpasar ini.

Lebih lanjut Suryanegara menjelaskan, berbagai kegiatan digelar sebagai rangkaian perayaan HUT Satpol PP dan Satlinmas tahun ini, antara lain donor darah, pembagian sembako kepada warga kurang mampu, melakukan kegiatan bersih pantai. Selain itu, juga digelar berbagai pertandingan-pertandingan internal antar Satpol PP dan beberapa perangkat daerah di Bandung. Juga diadakan kegiatan pemberian sembako yang disalurkan sebanyak  200 paket. Termasuk ada juga pemberian beberapa alat semacam alat bantu untuk disabilitas.

“Terakhir adalah rapat koordinasi serta pelaksanaan beberapa kegiatan internal Satpol PP se-Bali. Artinya perayaan ini kita rayakan sebagai kebersamaan kita untuk evaluasi diri, untuk memastikan tugas-tugas yang akan kita selenggarakan dalam rangka, perhelatan politil akhir tahun ini yakni pilkada,” kata Suryanegara.

Sementara itu disinggung harapan di momen ulang tahun ke-74 ini, Suryanegara berharap Badung bersama Provinsi Bali yang merintis Satpol PP Pariwisata bisa menjalankan tugas dengan maksimal. Pasalnya, kata dia, Bali dan Badung yang sangat bergantung pada sektor pariwisata, tentu  wajib untuk menjaga dan melestarikan, tentunya melalui Satpol PP pariwisata. 

“Harapan ke depan, Satpol PP akan semakin mendapat kepercayaan di masyarakat. Begitu juga di internal Satpol PP bisa mengevaluasi diri dan lebih mengutamakan tindakan humanis, bukan hanya sekadar wacana, namun harus dilaksanakan,” tegasnya. @ ind

Komentar