nusabali

Southgate Pilih Mainoo, Fans Liverpool Murka

  • www.nusabali.com-southgate-pilih-mainoo-fans-liverpool-murka

LONDON, Nusaali - Keputusan Gareth Southgate memanggil pemain muda Manchester United (MU) Kobbie Mainoo ke Timnas Inggris menuai pro dan kontra pada Rabu (20/3).

Suporter Liverpool marah dan murka karena Harvey Elliott dikesampingkan demi pemanggilan wonderkid MU tersebut. "Mainoo dipilih sedangkan Harvey Elliott tidak, itu lucu," kata salah satu penggemar yang marah di X.

"Saya bersimpati pada Harvey Elliott. Dia pantas dipanggil, dia juga menunggu dengan sabar," sahut penggemar lainnya.

"Kecuali Mainoo menggantikan pemain yang telah menarik diri dari skuad, saya pikir ini membuat Southgate terlihat sangat lemah dan ragu-ragu. Kenapa tidak dari awal saja sekalian!"

Ya, dilansir bola.com, Kobbie Mainoo secara mengejutkan masuk skuad Timnas Inggris untuk menghadapi Brasil dan Belgia dalam laga jeda internasional. Aksinya bersama MU dinilai cukup untuk mengisi satu slot The Three Lions.

Memang Southgate masih punya waktu sebelum memutuskan nama-nama final untuk membela Timnas Inggris dalam Euro 2024, sehingga Mainoo pun wajib menunjukkan dirinya layak dibawa ke Jerman.

Mainoo sebelumnya masuk skuad Timnas Inggris U-21 untuk menghadapi Azerbaijan dan Luksemburg, tetapi Southgate memutuskan untuk 'mempromosikannya' ke skuad inti tim senior.

Adapun pemanggilan Kobbie Mainoo terbilang berani. Sebab, dua lawan yang dihadapi Inggris bukan tim sembarangan. Mainoo juga memenuhi syarat bermain sepak bola internasional untuk Ghana melalui orangtuanya. Namun sekarang debut bersama tim senior Inggris saat menghadapi Brasil di Wembley akhir pekan ini.

Sebelumnya, Southgate memang memberikan kode, bahwa Mainoo akan dipanggil, cepat atau lambat. Menurutnya, Mainoo pemain muda cemerlang, sehingga sayang jiga tidak dipanggil.

"Jadi kami pikir idealnya, kami harus memberinya ruang untuk berkembang dengan nalurinya sendiri. Dia tidak pada level permainan yang sama yang dilakukan Jude (Bellingham) dan Bukayo (Saka) ketika mereka masuk skuad senior untuk pertama kalinya," kata Southgate. *

Komentar