nusabali

Porsenijar Badung, Pertandingkan 31 Cabor dan 19 Bidang Seni

  • www.nusabali.com-porsenijar-badung-pertandingkan-31-cabor-dan-19-bidang-seni

MANGUPURA, NusaBali - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Badung menggelar Pekan Olahraga dan Seni Pelajar (Porsenijar) Tahun 2024 selama 19-25 Maret 2024. Dalam Porsenijar kali ini mempertandingkan sebanyak 31 cabang olahraga (cabor) dan 19 bidang seni.

Kepala Disdikpora Badung I Gusti Made Dwipayana, mengatakan tema yang diambil dalam kegiatan ini adalah ‘Melalui Porsenijar Badung 2024 Kita Wujudkan Badung Solidaritas dan Unggul’. Porsenijar Badung kali ini diikuti sekitar 9.000 peserta yang berasal dari perwakilan para pelajar di Kabupaten Badung, baik jenjang SD, SMP, dan SMA/SMK, baik sekolah negeri maupun swasta.

Mantan Kabag Pengadaan Barang dan Jasa Setda Badung ini melanjutkan, pelaksanaan Porsenijar sebagai upaya nyata untuk meningkatkan dan memberdayakan kesehatan para pelajar sekaligus untuk mengukur pembinaan taktik dan strategi masing-masing sekolah di bidang kesehatan dan seni. “Adapun cabang yang dipertandingkan dan dilombakan adalah cabang olahraga dan bidang seni. Bidang olahraga sebanyak 31 cabor, dan bidang seni sebanyak 19,” kata Dwipayana.

Dalam Porsenijar ini, pihaknya juga akan mengevaluasi secara cermat dan teliti terhadap atlet dan pelajar untuk event Porsenijar Provinsi Bali. Porsenijar Provinsi Bali yang menurut rencana akan digelar pada 3-8 Juni 2024 di Denpasar.

“Maksud Porsenijar 2024 ini untuk menggali potensi atlet dan artis yang ada di kalangan pelajar yang akan dipersiapkan untuk memperkuat kontingen Badung di tingkat Provinsi Bali,” kata Dwipayana.

Sementara itu, untuk wasit dan juri pertandingan, lanjut Dwipayana, diambil dari wasit yang memiliki kemampuan dan pengalaman olah raga yang dipertandingkan. Sedangkan juri bidang seni terdiri dari dosen ISI dan Widya Saba Kabupaten Badung. “Untuk sumber anggaran Porsenijar berasal dari APBD Badung tahun 2024,” ungkap Dwipayana. @ ind

Komentar