nusabali

Bali United Yakin Kalahkan Rans FC

Tujuh Pemain Absen, Teco Tetap Optimistis Menang

  • www.nusabali.com-bali-united-yakin-kalahkan-rans-fc

Ada tujuh pemain dalam pemulihan cedera. Tapi itu tak masalah. Situasi yang kami alami cukup bagus. Kami hanya perlu fokus dan kerja keras dalam setiap pertandingan.

DENPASAR, NusaBali
Pelatih kepala Bali United Stefano ‘Teco’ Cuguraa harus memutar otak mengatasi kekurangan pemain akibat cedera. Ya, ada tujuh pemain utama absen saat menghadapi RANS Nusantara FC dalam pekan ke-29 BRI Liga 1 2023/2024, di Stadion Sultan Agung, Bantul, Minggu (17/3) malam, 21.30 Wita.

Meski demikian, Serdadu Tridatu sedikit mendapat keberuntungan. Pasalnya, Madura United hanya mampu meraih hasil imbang 0-0 saat menghadapi Persebaya Surabaya. So, 48 poin Bali United tidak terkejar oleh Madura United (46 poin), dan tetap di peringkat tiga klasemen sementara. 

Karena itu, Teco mematok target kemenangan atas Rans FC, meski juga haus hati-hati. Sebab tujuh pemain utamanya yang masih belum dapat dimainkan. Selai itu, ada krisis juga di lini tengah Bali United. Jajang Mulyana dan Kadek Arel Masih dalam tahapan pemulihan cedera. Selain Arel dipanggil ke Timnas U-20, Nyoman Adi, Gede Agus Mahendra, Novri Setiawan, Ramdani Lestaluhu, dan Gede Sunu yang juga bernasib sama alias cedera.

Badai cedera ini membuat Teco memutar otak kembali seperti saat Bali United mengalahkan PSIS Semarang pekan lalu. Pelatih asal Brasil itu pun memiliki kunci agar tetap di jalur championship series alias empat besar dengan enam laga tersisa.

"Ada tujuh pemain yang masih dalam pemulihan cedera. Tapi itu tidak masalah. Kami sekarang ada di nomor tiga klasemen sementara. Jadi situasi yang kami alami cukup bagus. Kami hanya perlu fokus dan kerja keras dalam setiap pertandingan agar bertahan di posisi empat besar hingga musim reguler berakhir," kata eks pelatih Persija Jakarta dan Persebaya itu.

Teco juga tidak dapat memaksakan memainkan pemain U-23 pasca dihapus sejak pekan ke-27 BRI Liga 1 musim ini. Pasalnya, saat ini Teco enggan Bali United kecolongan satu laga pun. Minimal lima laga di sapu bersih agar Bali United tetap aman di posisi empat besar.

"Kami sekarang sebagai pelatih harus memasang pemain terbaik dari latihan untuk tim agar menang dalam setiap pertandingan. Kebetulan tidak ada regulasi wajib memainkan pemain U-23. Saat pemain cedera, kami juga tidak memasang pemain sembarangan," kata Teco.

Di atas angin sebenarnya Bali United mampu menang atas Rans FC jika melihat hasil Rans dalam beberapa laga tanpa kemenangan. Meskipun di luar zona degradasi, posisi Rans juga terancam. Mereka berjarak dua poin dari Arema FC yang kembali ke zona degradasi. 

Kali ini Bali United membawa 21 pemain dan telah terbang pada Jumat (15/3). Pertemuan dengan Rans FC akan jadi kali kedua di musim ini. Pada laga pertama, Bali United dikalahkan Rans 1-2 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar pada 15 September 2023. 

Sementara itu, Rans FC sendiri mencatatkan 12 laga terakhir tanpa meraih kemenangan. Kondisi itu membuat pelatih Francis Wewengkang sadar anak asuhnya saat laga banyak kehilangan fokus.

"Kami sudah coba bermain seperti apa yang kami mau. Kami mencuri gol lebih dulu bahkan unggul, tapi anak-anak tampak hilang fokus di pertengahan babak kedua," kata Francis Wewengkang.*

Komentar