nusabali

Bupati Sanjaya Ikuti Tawur Kasanga di Catus Pata

  • www.nusabali.com-bupati-sanjaya-ikuti-tawur-kasanga-di-catus-pata

TABANAN, NusaBali - Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya mengikuti prosesi Tawur Agung Kasanga serangkian Hari Raya Nyepi Tahun Cakap 1946 di Catus Pata Kota Tabanan, Minggu (10/3). Dalam mementum sakral itu, Bupati Sanjaya turut

didampingi istri Ny Rai Wahyuni Sanjaya dan Wakil Bupati Tabanan I Made Edi Wirawan. Tujuan dari Tawur Kasanga ini bagian dari Nyomya Bhuta Kala. 

Proses Tawur Kasanga yang digelar sekitar pukul 10.00 wita itu dipuput Ida Mpu Nabe, Ida Ratu Peranda dan Jero Mangku. Turut hadir Ketua DPRD I Made Dirga dan angota DPRD Kabupaten Tabanan, Ida Cokorda Anglurah Tabanan. Jajaran Forkopimda Tabanan dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Tabanan. 

Bupati Sanjaya pada kesempatan itu mengucapkan selamat merayakan hari suci Nyepi Tahun Baru Caka 1946 kepada seluruh umat Hindu sedharma. Tak lupa pihaknya mengajak seluruh masyarakat untuk menyambut perayaan Nyepi ini dengan tertib dan harmonis. "Hari Nyepi tahun ini bertepatan dengan hari pertama puasa bagi umat muslim. Kita harus lakukan dengan harmonis tanpa adanya hal yang tak diinginkan,"pintanya. 

Kehadiran Bupati Sanjaya beserta jajaran di acara ini mencerminkan pentingnya perpaduan antara kepemimpinan dan umat Hindu, serta tekad untuk menjaga integritas dan kelestarian tradisi lokal. 

"Kami berharap juga ritual Tawur Agung Kasanga yang diikuti oleh seluruh jajaran ini juga diharapkan menjadi wadah untuk merenung, mulat sarira dan memohon keberkahan untuk Tabanan di tahun Caka 1946," tegas Bupati Sanjaya.@des

Komentar