nusabali

Yayasan R.O.L.E Foundation Galang Dana Sosial Melalui Lomba Kano

  • www.nusabali.com-yayasan-role-foundation-galang-dana-sosial-melalui-lomba-kano
  • www.nusabali.com-yayasan-role-foundation-galang-dana-sosial-melalui-lomba-kano
  • www.nusabali.com-yayasan-role-foundation-galang-dana-sosial-melalui-lomba-kano

DENPASAR, NusaBali.com - Yayasan R.O.L.E Foundation, sebuah lembaga perlindungan sosial perempuan dan anak, akan mengadakan event olahraga air internasional yakni Canoe Race di Bali.

Event lomba kano bertajuk Row For R.O.L.E 3.0 ini merupakan sebuah ajang yang diselenggarakan untuk ketiga kalinya dan akan mempertemukan banyak peserta, termasuk  wisatawan mancanegara.

Handoko Rama, COO (Chief Operating Officer) Of R.O.L.E Foundation, menjelaskan, ajang Row For R.O.L.E 3.0 ini sebenarnya merupakan sebuah event yang berhubungan erat dengan Bali Wise program.

Bali Wise Program merupakan salah satu kegiatan sosial dari Yayasan R.O.L.E Foundation. Program tersebut bertujuan membantu perempuan dan anak yang kurang mampu secara ekonomi, untuk diberikan vocational training dalam berbagai bidang, misalnya hospitality, english course, dan juga digital marketing. 

Diharapkan, dengan mengikuti program tersebut, para peserta yang kurang mampu, bisa mendapatkan kesempatan yang baik dalam dunia pekerjaan nantinya.

“Jadi, ajang Row For R.O.L.E 3.0 dalam bentuk canoe race, dimaksud guna menggalang dana untuk menyukseskan Bali Wise Program. Program ini sudah berjalan, dan berhasil mencetak para lulusan yang sudah bekerja di banyak perusahaan atau hotel,” kata Handoko Rama.

Untuk menyukseskan program ini, Yayasan R.O.L.E Foundation kemudian menggandeng Hyatt Regency Bali, Grand Hyatt Bali, dan Andaz Bali dengan mengadakan event bertajuk Row For R.O.L.E 3.0.

“Ketiganya (perusahaan hotel) memiliki kesamaan visi dengan Yayasan R.O.L.E Foundation dalam upaya pemberdayaan perempuan dan anak. Ini menjadi tahun yang ketiga kami bekerjasama,” kata Handoko.

Secara teknis, jarak tempuh perlombaan canoe race adalah sejauh 13 Km. “Ada tiga kategori yang diperlombakan dalam canoe race, yakni single kayak, double kayak, dan stand up paddle,” kata Handoko Rama.


Jadi, setiap peserta yang akan bertanding dalam ajang canoe race kali ini dapat memilih salah satu dari ketiga kategori tersebut. Dari ketiga kategori itu, stand up paddle adalah salah satu kategori perlombaan terbaru yang diadakan di tahun ini.

“Kita menargetkan jumlah peserta yang berpartisipasi di tahun ini berjumlah 150 orang, terdiri dari peserta lokal dan mancanegara,” beber Handoko.

Untuk menyukseskan event olahraga air ini, Yayasan R.O.L.E Foundation bekerja sama dengan pihak Hyatt Regency, mengadakan sesi latihan bersama atau canoe race practice, bertempat di Hyatt Regency,  sekitar Pantai Sanur, Jumat (8/3/2024).

Sesi latihan perdana ini diikuti oleh 9 calon peserta yang seluruhnya berasal dari luar negeri. Para calon peserta perlombaan ini terlihat sangat antusias mengikuti sesi canoe race practice yang diadakan pagi, sekitar pukul 09.30 Wita. 

Dibantu oleh instruktur berpengalaman bernama DJ Danton asal Amerika Serikat, para calon peserta dapat mendalami beberapa teknik dasar, sebagai persiapan dalam menghadapi ajang perlombaan nantinya.

Materi yang diajarkan dalam sesi latihan tersebut terdiri dari single kayak dan double kayak. Untuk teknik stand up paddle akan dilaksanakan dalam sesi latihan berikutnya.

“Sesi latihan ini akan diadakan dua kali dalam seminggu pada saat weekend sampai mendekati hari perlombaan nanti,” kata Handoko.

Handoko, menyebut, jumlah calon peserta yang sudah mendaftarkan diri sekarang ini berjumlah 65 orang, dan semua dari mereka berasal dari turis mancanegara. Kendatipun demikian, pihak panitia tetap akan membuka kesempatan bagi peserta lokal agar bisa ikut berpartisipasi dalam ajang olahraga air ini.

Lomba yang akan dilaksanakan pada Sabtu, 27 April mendatang, akan mengambil start di Hyatt Regency Sanur, dan finish di Grand Hyatt Nusa Dua. Bagi yang berminat bergabung, minimum fundraise untuk masing-masing peserta sebesar Rp 3 juta.

“Target kami untuk gelaran canoe race di tahun ini, bisa terkumpul sebanyak Rp 1,5 miliar. Oleh karena itu, kami mengharapkan partisipasi dari semua pihak agar kegiatan ini dapat berjalan sukses dan kemudian dapat membantu saudara saudari kita yang membutuhkan,” kata Handoko.

Bagi yang berminat bisa mendaftar secara online melalui link di bawah ini: 

Komentar