nusabali

Murid SD Negeri 13 Kesiman Bersihkan Pantai Segara Ayu

  • www.nusabali.com-murid-sd-negeri-13-kesiman-bersihkan-pantai-segara-ayu
  • www.nusabali.com-murid-sd-negeri-13-kesiman-bersihkan-pantai-segara-ayu
  • www.nusabali.com-murid-sd-negeri-13-kesiman-bersihkan-pantai-segara-ayu

DENPASAR, NusaBali.com - Murid-murid SD Negeri 13 Kesiman, Denpasar, mengadakan kegiatan bersih-bersih Pantai Segara Ayu pada Sabtu (30/3/2024). Kegiatan di Desa Sanur Kaja, Denpasar Selatan ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa kepedulian terhadap lingkungan dan memberikan edukasi kepada anak-anak tentang pentingnya menjaga kebersihan pantai.

I Made Kusuma Adi Putra, salah satu guru yang terlibat dalam kegiatan ini, mengatakan bahwa kegiatan ini sudah rutin dilakukan sejak tahun 2022.

"Kegiatan ini rutin kami lakukan dari tahun 2022 hingga sekarang. Sudah 3 kali kami mengadakan kegiatan seperti ini sampai saat ini," kata Pak Guru Adi, sapaan akrabnya.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas VI, guru, dan orang tua siswa. Mereka bersama-sama membersihkan sampah plastik dan botol yang berserakan di pantai.

"Kegiatan ini melibatkan kepala sekolah, guru, pegawai sekolah dan siswa kelas VI," jelas Adi.

Kepala Sekolah SD Negeri 13 Kesiman, Dra Ketut Sri Wahyuni, mengakui jika kegiatan seperti ini sangat bermanfaat bagi siswa. "Hal ini merupakan kegiatan yang menyenangkan dan mengasikan bagi anak, karena mereka secara langsung terjun ke lapangan untuk melaksanakan pembersihan dan tidak hanya di areal sekolah melainkan di sekitar areal sekolah, salah satunya pantai ini," kata Sri Wahyuni.

Ia juga mengatakan bahwa respons dari orang tua siswa sangat positif. "Respon ortu sangat positif, yang mana ortu mengucapkan terima kasih dikarenakan kegiatan seperti ini menjadikan anak-anak semakin tahu akan tanggung jawab dengan lingkungan sekitar," ujarnya.

Sri Wahyuni pun bertekad kegiatan ini akan menjadi rutinitas para siswa. "Harapan saya, kegiatan ini akan menjadi rutinitas kegiatan sekolah karena memiliki pengaruh  dampak yang sangat positif kepada proses pembelajaran dan lingkungan menjadi semakin dicintai," ungkapnya.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk implementasi visi misi sekolah yaitu mencintai lingkungan.  "Benar sekali, kegiatan ini adalah kegiatan wajib dilakukan setiap jeda semester untuk mencintai lingkungan yang tidk hnya dilingkungan sekolah melainkan di sekitar sekolah," pungkas Sri Wahyuni.

Kegiatan bersih-bersih pantai ini merupakan contoh kecil dari upaya untuk menjaga kelestarian lingkungan. Diharapkan kegiatan ini dapat menginspirasi sekolah-sekolah lain untuk melakukan kegiatan serupa. *m03

Komentar