nusabali

Ogoh-Ogoh ST Windhu Sari: Mengungkap Rahasia Perjalanan Atma Menuju Alam Sunyi

  • www.nusabali.com-ogoh-ogoh-st-windhu-sari-mengungkap-rahasia-perjalanan-atma-menuju-alam-sunyi

MANGUPURA, NusaBali.com - ST Windhu Sari Banjar Batanbuah, Desa Dauh Yeh Cani, Abiansemal, Badung, menghadirkan ogoh-ogoh penuh makna berjudul ‘Anungkap Margi Maring Sunia’ pada tahun 2024.

Dipimpin oleh I Putu Justia Diava Dinata, ogoh-ogoh Kanda Pat ini menceritakan kisah perjalanan atma menuju alam sunyi nirwana dengan lima karakter:
  • Atma: Jiwa yang sedang melakukan perjalanan.
  • Macan: Simbol dari Getih, salah satu ‘saudara empat’ yang membantu atma.
  • Buaya: Simbol dari Ari-ari, ‘saudara empat’ yang membantu atma menyeberangi Sungai Serayu.
  • Raksasa: Simbol dari Yeh Nyom, ‘saudara empat’ yang membantu atma.
  • Anjing: Simbol dari Lamas, ‘saudara empat’ yang menemani atma sejak lahir.

Filosofi dan Makna

Ogoh-ogoh ini dibuat oleh tiga arsitek/penggarap: I Putu Agus Astrawan, I Putu Ekayasa, dan I Made Wahyu Nugraha. Mereka ingin menyampaikan pesan tentang pentingnya persaudaraan dan bagaimana ‘saudara empat’ membantu atma dalam perjalanannya menuju alam sunyi.

Proses Pembuatan

Pembuatan ogoh-ogoh ini menghabiskan dana sekitar Rp 47 juta dan memiliki tinggi 5 meter. Ogoh-ogoh ini memiliki keunikan karena semua karakternya dapat bergerak.

I Putu Justia Diava Dinata menjelaskan bahwa suka dalam proses pembuatan ogoh-ogoh ini adalah kerjasama yang baik antara ST dan tiga arsitek. Dukanya adalah waktu pengerjaan yang singkat karena adanya pemilu, yaitu hanya 1 bulan.

Bagian Terumit

Bagian terumit dalam pembuatan ogoh-ogoh ini adalah menutupi mesin pada karakter yang bergerak dan konstruksi agar ogoh-ogoh terlihat bagus.

Ogoh-ogoh Anungkap Margi Maring Sunia (Kanda Pat) tidak hanya menghadirkan visual yang menarik, tetapi juga pesan moral yang penting. Cerita tentang perjalanan atma dan ‘saudara empat’ mengingatkan kita tentang pentingnya persaudaraan dan nilai-nilai spiritual dalam kehidupan.

Pembuatan ogoh-ogoh ini merupakan bentuk nyata upaya generasi muda Bali dalam melestarikan budaya dan tradisi. Dengan mengangkat tema yang unik dan sarat makna, ogoh-ogoh ini diharapkan dapat memberikan edukasi dan inspirasi bagi masyarakat luas. *m03


Komentar