nusabali

Ogoh-Ogoh Dewi Kali: Perwujudan Kekuatan dan Spiritualitas Wanita

  • www.nusabali.com-ogoh-ogoh-dewi-kali-perwujudan-kekuatan-dan-spiritualitas-wanita

DENPASAR, NusaBali.com - Di tengah kemeriahan malam pangerupukan, ogoh-ogoh karya ST Yowana Jaya, Banjar Kaliungu Kaja, Dangin Puri Kaja, Denpasar Utara, mengangkat tema ‘Tripura Sundari’ yang merupakan perwujudan Dewi Kali (Durga).

Ogoh-ogoh ini tak hanya memukau secara visual, tetapi juga sarat makna spiritual dan pemberdayaan perempuan.

I Gusti Putu Putera Sugiantara (Gung Tra), arsitek ogoh-ogoh ini, menceritakan bahwa ini merupakan pengalaman pertamanya.

"Sebelumnya, ogoh-ogoh di sini diarsiteki oleh Marcozz, senior kami. Saya senang karya ini selesai tepat waktu dan anggota ST kompak," ungkapnya.

Proses pengerjaan ogoh-ogoh ini dimulai dari Desember 2023 dan selesai pada Sabtu (9/3/2024), tepat di hari raya Kuningan dan H-1 pangerupukan.

Gung Tra tak menampik adanya suka duka dalam prosesnya. "Sukanya, karya ini selesai tepat waktu dan anggota ST kompak. Dukanya, minimnya pengalaman saya, kekurangan waktu dan SDM, dan gagal mengikuti lomba di Kota Denpasar tahun ini," tuturnya.

"Meskipun begitu, ini menjadi pelajaran bagi kami untuk berbenah diri di tahun 2025 mendatang," imbuhnya.

Ogoh-ogoh Dewi Kali ini dibuat dengan budget Rp 15-20 juta dan diharapkan menjadi juara di hati masyarakat.

"Marilah kita maknai Nyepi ini untuk menyatukan diri (Bhuana alit) terhadap alam (Bhuana agung)," ajaknya.

Bagian terumit dalam pembuatan ogoh-ogoh ini adalah proses pengaplikasian kornis untuk detail halus.

Tema Dewi Kali dipilih karena masukan dari salah satu anggota ST dan ingin mengangkat derajat wanita. "Kasus kekerasan terhadap wanita marak terjadi dan kami ingin mengangkat tema ini," tegas Gung Tra.

Gung Tra mengucapkan terima kasih kepada Marcozz, masyarakat Banjar Kali Ungu Kaja, dan ST Yowana Jaya.

"Ini benar-benar pengalaman luar biasa bagi saya dan ST. Di sini kita belajar hal baru, mulai dari menejemen waktu, tanggung jawab, menyatukan pikiran, dan belajar menghargai seseorang," pungkasnya. *m03

Komentar