nusabali

Kasad Maruli Simanjuntak Pimpin Sertijab Pangdam IX/Udayana

  • www.nusabali.com-kasad-maruli-simanjuntak-pimpin-sertijab-pangdam-ixudayana

DENPASAR, NusaBali - Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak pimpin upacara serah terima jabatan (Sertijab) 14 jabatan strategis di lingkungan TNI AD termasuk diantaranya Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) IX/Udayana.

Upacara Sertijab yang digelar berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/216/II/2024 tanggal 21 Februari 2024 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI itu dilaksanakan di Aula Jenderal Besar AH Nasution, Markas Besar Angkatan Darat (Mabes AD), Jakarta, Jumat (8/3).

Pangdam IX/Udayana yang sebelumnya dijabat oleh Mayjen TNI Harfendi beralih kepada Mayjen TNI Bambang Trisnohadi yang sebelumnya menjabat sebagai Dirjen Strahan Kemhan RI. Sementara Mayjen Harfendi dipercaya menduduki Pa Sahli Tk III Bid Sosbudkum HAM dan Narkoba Panglima TNI.

Usai sertijab kemarin, dua jenderal ini langsung menyesuaikan diri untuk menempati posisi masing-masing. Mayjen Bambang Trisnohadi segera ke Bali (Kodam IX/Udayana) yang meliputi tiga wilayah provinsi yakni Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Rencana penyambutan terhadap jenderal bintang dua di pundak ini akan digelar, pada Rabu (13/3) mendatang. Upacara penyambutan Jenderal Bambang Trisnohadi yang merupakan peraih Adhi Makayasa dan Tri Sakti Wiratama Akademi Militer 1993 ini dimundur karena berkaitan dengan Hari Raya Nyepi Caka 1946, Senin (11/3) besok.

Kapendam IX/Udayana Kolonel Inf Agung Udayana dalam siaran persnya Sabtu (9/3) mengatakan, Mayjen Harfendi mengakhiri tugasnya sebagai Pangdam IX/Udayana dengan berbagai capaian positif. Diharapkan capaian positif itu dapat ditingkatkan oleh pejabat yang baru.

Kolonel Agung mengungkapkan Pangdam IX/Udayana yang baru ini merupakan jenderal kelahiran Jakarta 26 Februari 1972. Dia merupakan lulusan terbaik peraih Adhi Makayasa dan Tri Sakti Wiratama Akademi Militer 1993 dan mengawali karirnya pernah bertugas di SAT-81 Gultor Kopassus.

Selain itu juga Pangdam yang baru ini pernah mengemban jabatan strategis seperti Danyonif 315/GRD Korem 061/SK Dam III/Siliwangi tahun 2010, Sekretaris Wakasad tahun 2012, Asops Kasdam VI/Mulawarman tahun 2014, Danrem 121/Alabhana Wanawai (Sintang) tahun 2018. Kemudian Kasdam XVII/Cendrawasih tahun 2020, Staf Ahli Menhan Bidang Keamanan tahun 2022 dan kini jadi Pangdam IX/Udayana.pol

Komentar