nusabali

Menggelandang, Seorang Pria Asal Madiun Diamankan

  • www.nusabali.com-menggelandang-seorang-pria-asal-madiun-diamankan

MANGUPURA, NusaBali - Seorang pria asal Madiun, Jawa Timur, berinisial S, 36, diamankan petugas gabungan dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) BKO Kuta dan Linmas Kelurahan Kuta, Senin (4/3) pagi. Pria tersebut diamankan berdasarkan laporan warga, karena slama ini S diketahui hidup menggelandang, tinggal di emperan toko dan mengumpulkan sampah di seputaran Jalan Setiabudi Kuta, dekat simpang Patung Dewa Ruci.

Komandan Regu Satpol PP Kuta Wayan Suantara, menjelaskan keberadaan pria asal Madiun yang hidup menggelandang itu dilaporkan oleh warga.

“Yang bersangkutan ini tunawisman, dia hidup secara nomaden, dikenal tinggal di berbagai tempat, termasuk di pantai dan emperan toko, sambil mengumpulkan barang rongsokan,” ujar Suantara.

Suantara mengatakan, S telah menjadi perhatian petugas sejak tinggal di wantilan Balai Nelayan di Pantai Jerman, lantaran kala itu sempat mengikuti kegiatan bersih-bersih. Namun, karena kondisi kesehatannya menurun sebelum Hari Raya Galungan, S dibawa ke puskesmas untuk mendapatkan perawatan. Setelah kondisinya membaik, ternyata S pindah tempat tinggal ke Jalan Setiabudi.

“Mungkin dia menimbun barang bekas untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dia mungkin datang ke Bali untuk mengadu nasib tetapi kenyatannya tidak seperti yang diharapkan,” ucap Suantara.

Dikonfirmasi terpisah, Lurah Kuta I Putu Dedik Ardi Ardiana, mengatakan tempat yang digunakan oleh S merupakan toko kosong yang belum memiliki pengontrak. “Kami tertibkan yang bersangkutan karena membuat kumuh. Tempat itu tidak selayaknya dipakai tempat tinggal,” ujarnya.

“Tindakan yang kami lakukan ini semata-mata untuk menjaga kebersihan serta ketertiban di wilayah Kuta, yang merupakan salah satu destinasi wisata utama di Bali,” tegasnya. 7 ol3

Komentar