nusabali

Pura Dalem Tenggaling Terbakar

  • www.nusabali.com-pura-dalem-tenggaling-terbakar

Musibah kebakaran terjadi di Pura Dalem Tenggaling, Desa Pakraman Tampaksiring, Kecamatan Tampaksiring, Gianyar, Selasa (5/1) sore sekitar pukul 14.30 Wita. 

GIANYAR, NusaBali
Akibatnya, bangunsn suci Bale Kulkul dan Candi Bentar Pura Dalem Tenggaling ludes dilalap api.

Diduga kuat, kebakaran Pura Dalem Tenggaling terjadi akibat percikan api yang diterbangkan angin. Menurut Kelian Pura Dalem Tenggaling, I Gusti Nyoman Rai, sumber api berasal dari prosesi upacara Pitra Yadnya pembakaran jenazah di setra yang berada sekitar 50 meter sebelah selatan pura. 

“Percikan api mengenai atap Bale Kulkul terbuat dari bahan ijuk yang mudah terbakar. Ya, begini jadinya. Kerugian material akibat musibah kebakaran ini ditaksir sekitar Rp 125 juta," ujar IGN Rai sembari melihat kondisi bangunan Bale Kulkul danm Canmdi Bentar yang terbakar, Selasa kemarin.

Beruntung, kobaran api tidak sampai meluas ke seluruh palinggih di Pura Dalem Tenggaling. Kobaran api bisa dipadamkan total, Selasa sore pukul 17.00 Wita, setelah 3 unit mobil pemadam dari Pemkab Gianyar diterjunkan ke lokasi. Setelah api dipadamkan, krama pangempon pura kemarin sore langsung membersihkan puing-puing bekas kebakaran. 

IGN Rai menyatakan, pihaknya akan mengkoordinasikan lebih lanjut proses renovasi Pura Dalem Tenggaling pasca terbakar, selain juga menyiapkan upacara ritual. Bukan hanya itu, prajuru desa juga akan nunas baos (minta petunjuk niskala) kepada orang pintar terkait musibah terbakarnya Pura Dalem tenggaling.

“Musibah ini menjadi bahan introspeksi bagi semua krama pengempon Pura Dalem Tenggaling. Mungkin selama ini masih ada yang kurang, hingga Ida Sesuhunan me-ngingatkan kita dengan peristiwa ini," ujar IGN Rai. Pura Dalem Tenggaling sendiri diempon 4 banjar adat dari Desa Pakraman Tampaksiring, yakni Banjar Penaka, Banjar Griya, Banjar Buruan, dan Banjar Tegal Suci. 7 cr62

Komentar