nusabali

Bupati Dana Pantau Harga Jelang Galungan

  • www.nusabali.com-bupati-dana-pantau-harga-jelang-galungan

AMLAPURA, NusaBali - Bupati Karangasem I Gede Dana memantau harga dan ketersediaan pasokan sembako dan bumbu dapur di Pasar Rakyat Subagan, Subagan dan Pasar Amlapura Timur, Jalan Kesatrian Amlapura, Jumat (23/2). Dalam kegiatan ini, Bupati bersama Wabup I Wayan Artha Dipa, Sekda I Ketut Sedana Mertha, dan anggota Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Karangasem.

Selama pemantauan Bupati Gede Dana berdialog dengan sejumlah pedagang terkait pasokan barang komoditas pasar dan ketersediaannya. Terutama beras, daging ayam, cabai rawit, telur, gula pasir dan tomat yang saat ini harganya terus merangkak naik. Dalam kesempatan itu mencari tahu terkait penyebab lonjakan harga yang terjadi pada jenis-jenis komoditas pasar tersebut.

“Kegiatan pemantauan ini rutin kami laksanakan menjelang perayaan hari besar keagamaan. Seperti saat ini jelang Hari Raya Galungan, Nyepi dan memasuki Bulan Ramadhan bagi warga muslim. Ini kita lakukan untuk mengetahui harga barang dan kebutuhan pokok secara riil, sehingga bisa kita tentukan langkah tepat untuk menekan laju inflasi,” ujar Gede Dana. 


Kecenderungan kenaikan harga kebutuhan pokok di pasaran selalu terjadi saat menjelang hari raya. Namun yang terpenting, bagaimana pasokannya selalu terjaga. Sehingga saat masyarakat membutuhkannya untuk kebutuhan saat hari raya komoditas pasar tersebut tersedia dan stoknya ada. 

“Saya sudah tanyakan ke beberapa pedagang, baik pedagang daging ayam, bumbu dapur dan sembako, saat ini ketersediaan dan pasokan masih aman kendati harganya memang merangkak naik. Kami juga mengimbau warga untuk tidak panik,” ucapnya. 

Jika harga kebutuhan pokok di pasaran sudah di luar dari kewajaran, pihaknya melalui Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Karangasem, akan mengambil langkah-langkah untuk stabilisasi harga, salah satunya dengan menggelar pasar murah baik di tingkat kecamatan maupun desa. 

Untuk stabilisasi harga beras, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Bulog Bali untuk menambah pasokan beras ke pasar-pasar tradisional di Karangasem. Sementara itu, untuk harga cabai rawit saat ini sudah menyentuh Rp 70.000 dari harga sebelumnya 40.000 per kilogram, harga tomat dari sebelumnya sebesar Rp 8.000 per kilogram  saat ini naik menjadi Rp 28.000 per kilogram. Sementara harga daging ayam saat ini juga mengalami kenaikan dari sebelumnya Rp 40.000 menjadi 43.000 per kilogram.@k16 

Komentar