nusabali

Dinas Sosial PPPA Seleksi 5 Duta Anak Klungkung

  • www.nusabali.com-dinas-sosial-pppa-seleksi-5-duta-anak-klungkung

Mereka yang terpilih akan menjadi pelopor dan pelapor pemenuhan 10 hak anak.

SEMARAPURA, NusaBali
Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Klungkung menggelar seleksi 5 besar pemilihan Duta Anak Kabupaten Klungkung. Seleksi dipusatkan di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya, Kota Semarapura, Kecamatan Klungkung, Minggu (18/2) pagi. Hadir, Kadis Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Klungkung I Gusti Agung Gede Putra Mahajaya.

Fasilitator Forum Anak Kabupaten Klungkung, Tjokorda Istri Agung Dewi Pithaloka, mengatakan kegiatan ini dengan tema Angklung (Aksi Riang Anak Klungkung) untuk memilih Duta Anak Kabupaten Klungkung. 

Mereka yang terpilih akan mewakili Klungkung ke Mimbar Anak Bali. Seleksi sudah digelar pada tanggal 3 dan 4 Februari diikuti 73 peserta dari tingkat SMP dan SMA se-Kabupaten Klungkung. Mereka diseleksi menjadi 25 besar. “Sekarang mencari lima besar,” ujar Tjok Pitha.

Mereka yang terpilih akan menjadi pelopor dan pelapor pemenuhan 10 hak anak. Masing-masing hak bermain, pendidikan, perlindungan, nama, kebangsaan, makanan, kesehatan, rekreasi kesamaan, peran dalam pembangunan. “Mereka bertugas untuk mensosialisasikan di sekolah atau di mana pun terkait 10 hak anak tersebut,” ujar Tjok Pitha. Pemilihan Duta Anak juga menghasilkan suara anak Klungkung yang akan diserahkan kepada Pj Bupati Klungkung I Nyoman Jendrika. Sebagai aspirasi anak-anak terhadap isu yang ada pada sesama anak saat ini. 

Pertama, memohon kepada pemerintah untuk mengoptimalkan pendidikan karakter melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Kedua, memohon kepada instansi pendidikan untuk mengoptimalkan mekanisme pembelajaran. Ketiga, memohon kepada pemerintah untuk mengoptimalkan program pemanfaatan skrining dan sosialisasi untuk mengedukasi anak di sekolah terkait kesehatan mental anak. Keempat, memohon kepada pemerintah untuk mengimbau masyarakat agar tidak memberikan akses penggunaan rokok dan tidak memperdagangkan rokok elektrik serta rokok konvensional kepada anak. 

Kelima, memohon kepada pemerintah untuk mengoptimalkan sosialisasi mengenai perundungan pada anak. Keenam, memohon kepada pemerintah untuk mengoptimalkan upaya dalam penanganan kasus pelecehan seksual pada anak. Ketujuh, memohon kepada pemerintah untuk mengimbau masyarakat agar lebih tanggap dalam mengawasi, menjaga, dan menjauhkan anak dari aksi judi. 

Kedelapan, memohon kepada pemerintah agar mengedukasi masyarakat mengenai pola asuh anak yang baik dan benar. Kesembilan, memohon kepada pemerintah untuk melakukan pemerataan transportasi umum layak anak guna meminimalisasi kecelakaan pada pengendara anak. Kesepuluh, memohon kepada pemerintah untuk mengoptimalkan pemerataan akses jaringan internet di daerah Tertinggal, Terdepan dan Terluar (3T).

Pj Bupati Klungkung I Nyoman Jendrika dalam sambutan yang dibacakan Kadis Sosial Gusti Mahajaya mengatakan, melalui pemilihan Duta Anak Klungkung dapat terpilih duta-duta terbaik untuk mewakili Kabupaten Klungkung dalam pemilihan Mimbar Anak Bali di tingkat provinsi. 

Harapannya dapat memberikan kontribusi kepada pemerintah daerah. Sejalan dengan penilaian Kabupaten Layak Anak, kegiatan ini merupakan bagian dari usaha membangun sumber daya manusia (SDM) yang multitalenta, berintelektual, berdedikasi, berkreasi, kreatif, beriman, serta mampu berperan sebagai pelopor dan pelapor. 

Sebagai pelopor peran anak untuk berkontribusi aktif dalam upaya pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak di sekitarnya. Sedangkan, sebagai pelapor bagaimana peran anak dalam menyampaikan apa yang dilihat, diketahui, dipikirkan dan dirasakan terkait dengan hambatan dalam pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak yang dialami dirinya sendiri maupun orang lain. 7 wan

Komentar