nusabali

Waspada! ‘Caleg Gagal’ Rawan Gangguan Mental, Spesialis Kejiwaan Beri Tips Jitu

  • www.nusabali.com-waspada-caleg-gagal-rawan-gangguan-mental-spesialis-kejiwaan-beri-tips-jitu

DENPASAR, NusaBali.com - Pesta demokrasi diiringi dengan berbagai gejolak, tak hanya politik, tetapi juga mental. Banyak calon legislatif (caleg) yang gagal, mengalami gangguan mental ketika hasil Pemilu tidak sesuai ekspektasi.

Dr I Gusti Rai Tirta SpKJ, dokter spesialis kejiwaan, mengungkapkan bahwa banyak caleg gagal mengalami gangguan mental setelah Pemilu. Gangguan ini tidak hanya sebatas depresi, tetapi juga insomnia, kecemasan, dan bahkan penggunaan doping.

"Kesiapan mental caleg sangat penting. Mereka harus siap menang dan siap kalah," pesan dr Gusti Rai Tirta, Selasa (13/2/2024).

Kesiapan mental ini, yang disebut conscientiousness dalam ilmu psikologi, menjadi kunci untuk menghindari gangguan mental. Caleg yang tidak memiliki conscientiousness tinggi berisiko mengalami depresi berat jika tidak terpilih.

Gangguan mental ini tidak hanya menyerang caleg, tetapi juga keluarga dan pendukung mereka. Namun, Direktur Bali Mental Health Clinic (BMHC) Denpasar ini melihat adanya peningkatan kesiapan mental caleg dalam beberapa tahun terakhir. Mereka belajar dari pengalaman sebelumnya dan tidak mengeluarkan biaya kampanye yang fantastis.

"Caleg yang rutin berkonsultasi biasanya mengalami kecemasan dan insomnia," terang dokter yang juga berpengalaman sebagai Direktur Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Provinsi Bali di Bangli,

Berikut tips jitu dari dr Gusti Rai Tirta untuk menghindari gangguan mental dampak Pemilu:
  • 1. Jaga Pola Hidup Sehat
  • Dengan padatnya aktivitas di masa-masa kampanye hingga hari pemungutan suara, para kontestan diharapkan untuk tetap menjaga pola hidup secara teratur. 
  • Ada tiga  hal yang ditekankan di sini, yakni menjaga kualitas tidur, pola makan yang seimbang, serta perlu menjalankan rutinitas lainnya yang bertujuan sebagai sarana hiburan atau refreshing.

  • 2. Terbuka dan Saling Sharing
  • Para kontestan Pemilu diharapkan terbuka kepada sesama dan saling sharing mengenai kondisi dan situasi batin yang dirasakan. Kehadiran dan bantuan sesama, termasuk keluarga akan sangat membantu bersangkutan terhindar dari gangguan mental. 

  • 3.Bijak Konsumsi Informasi
  • Hindari informasi yang menyesatkan dan memicu stres.

  • 4. Berani Menerima Hasil Pemilu
  • Siapkan mental untuk menerima segala kemungkinan hasil.
Dengan mengikuti tips-tips ini, diharapkan para caleg dapat terhindar dari gangguan mental dan tetap menjaga kesehatan mental, terutama pasca Pemilu. *ol4


Komentar