nusabali

Ngantor di Desa Gunung Salak, Bupati Sanjaya Angkat Potensi Wisata

  • www.nusabali.com-ngantor-di-desa-gunung-salak-bupati-sanjaya-angkat-potensi-wisata

TABANAN, NusaBali - Komitmen Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya dalam menyerap aspirasi sampai tingkat desa terus digencarkan. Melalui program unggulan Bungan Desa atau Bupati Ngantor di Desa, dia mengunjungi Desa Gunung Salak, Kecamatan Selemadeg Timur, Senin (5/2).

Bungan Desa ke-44 di Desa Gunung Salak itu Bupati Sanjaya mengangkat pesona potensi desa. Selain karena alamnya masih asri dan terdapat wisata air terjun, Desa Gunung Salak juga penghasil buah lokal yang ditanam secara organik. Mulai dari salak, wani, kedelai, padi, hingga jagung. 

Kehadiran Bupati Sanjaya bersama Ny Rai Wahyuni Sanjaya, bersama Sekda, para Asisten, para kepala OPD, camat se-Kabupaten Tabanan, mendapatkan sambutan hangat dari perbekel, bendesa adat, dan masyarakat setempat. 

Pada kesempatan itu Bunda Rai sebagai Bunda Literasi menyerahkan beberapa buku bacaan kepada petugas Perpustakaan Keliling, guna menambah khasanah bacaan bagi anak-anak didik. 

Bupati Sanjaya mengapresiasi masyarakat Desa Gunung Salak dalam menjaga alam dan mengembangkan potensi desa, sehingga saat ini Desa Gunung Salak menjadi Desa Wisata. “Mari pelihara dan jaga alam kita secara bersama-sama. Mulai dari jangan membuang sampah sembarangan,” tutur Bupati Sanjaya. 

Disebutkan Program Ngantor di Desa ini sudah berjalan sejak dia menjabat. Tujuannya tiada lain menyerap aspirasi dan melihat kondisi masyarakat dan desa. Dalam program ini dia juga memberikan pelayanan jemput bola di lokasi. “Tak harus datang mengurus administrasi ke Kantor Bupati, contohnya mengurus perizinan. Dengan berkantor di desa, layanan itu sudah didapatkan. Jadi sudah tidak sulit lagi,” kata Bupati Sanjaya. 

“Kalau saya tidak berkantor di desa, mana tahu TK-nya, desanya, dan infrastrukturnya. Inilah tujuan semua OPD saya ajak jalan-jalan dan sekaligus berkantor di desa, melihat di desanya, apa  yang terjadi di desanya, rangkum semua program pembangunan di desa, sehingga kita bisa tahu bagaimana mewujudkan Tabanan Era Baru yang Aman Unggul dan Madani bisa cepat kita laksanakan,” tandas Bupati Sanjaya. 

Selaku Ketua TP PKK Kabupaten Tabanan, Ny Rai Wahyuni Sanjaya juga mengutarakan tanggapan yang sama. Baginya pesona Gunung Salak menjadi hidden gems atau bagaikan permata yang tersembunyi di Kabupaten Tabanan. 

“Luar biasa pesona Gunung Salak ini, baik alam dan wisatanya. Kami sangat apresiasi, sekaligus juga berharap nanti IKM dan UMKM di sini bisa berkembang. Kedepankan potensi-potensi yang unggul di Gunung Salak, apalagi kualitas agrowisatanya yang sudah bagus sekali,” tutur Ny Rai Wahyuni.

Perbeke Gunung Salak I Wayan Wija mengucapkan terima kasih kepada Bupati Sanjaya atas berbagai dukungan dan perbaikan yang telah digencarkan baik dari segi infrastruktur dan bantuan lainnya yang telah dirasakan oleh masyarakat dalam masa kepemimpinannya. 

“Saya berharap melalui program ini Bapak Bupati bisa bersinergi dan berkoordinasi dengan masyarakat Desa Gunung Salak, sehingga dapat mengetahui apa yang menjadi keluhan masyarakat sekaligus menyampaikan kebijakan dan program-program Bapak Bupati,” kata Wayan Wija. 

Salah seorang warga Desa Gunung Salak I Gusti Nyoman Palguna merasakan kemudahan dengan adanya program Bungan Desa. Sebab saat mengurus perizinan usaha dan mengurus KTP lebih cepat dan lebih mudah. “Jadi tidak harus ke kota, saya merasakan kemudahan layanan,” ucapnya. @ des 

Komentar