nusabali

Kelurahan Panjer Gelar Bulan Bahasa Bali

  • www.nusabali.com-kelurahan-panjer-gelar-bulan-bahasa-bali

DENPASAR, NusaBali - Kelurahan Panjer, Denpasar Selatan menggelar Bulan Bahasa Bali 2024 dengan tema ‘Jana Kerthi-Dharma Sadhu Nuraga’ di kantor kelurahan setempat, Rabu (31/1). Kegiatan ini dilaksanakan sebagai ajang pelestarian dan pengembangan sastra, bahasa, dan aksara Bali.

Lurah Panjer I Putu Budi Ari Wibawa, menjelaskan kegiatan Bulan Bahasa tahun ini mengusung tema ‘Jana Kerthi-Dharma Sadhu Nuraga’. Bulan Bahasa Bali merupakan wahana pemuliaan bahasa, aksara, dan sastra Bali sebagai sumber kebenaran, kebijaksanaan, dan cinta kasih untuk memperkuat jati diri krama Bali.

Pada pelaksanaan tahun ini, Kelurahan Panjer bersinergi dengan Desa Adat Panjer melaksanakan beberapa lomba. Yakni Lomba Nyurat Aksara, Ngwacen Lontar, Masatua Bali, dan Pidarta Bahasa Bali. Dari berbagai lomba yang diadakan, Bulan Bahasa Bali Kelurahan Panjer 2024 diikuti sebanyak 35 orang peserta. Rinciannya, nyurat aksara sebanyak 14 orang, masatua 9 orang, ngwacen lontar 3 orang, dan pidarta 9 orang.

“Kami berharap melalui agenda seperti ini dapat melestarikan bahasa, aksara, dan sastra Bali sebagai warisan leluhur, sekaligus sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat di wilayah Kelurahan Panjer, yakni pembangunan manusia itu sendiri,” kata Budi Ari. 7 mis

Komentar