nusabali

Prabowo Bantu 10 Titik Pengadaan Air Bersih, Tindak Lanjuti Kekeringan di Bali

  • www.nusabali.com-prabowo-bantu-10-titik-pengadaan-air-bersih-tindak-lanjuti-kekeringan-di-bali

DENPASAR, NusaBali.com - Musim hujan telah tiba di Bali sejak akhir Desember 2023. Namun, kekeringan ekstrem yang melanda sepanjang tahun 2023 masih meninggalkan trauma bagi para petani dan masyarakat yang kesulitan air.

Menyadari hal tersebut, DPD Gerindra Bali beberapa waktu lalu mengajukan permohonan bantuan pengadaan air bersih di 10 titik yang berada di 3 kabupaten di Bali, yakni Buleleng, Karangasem dan Klungkung, kepada Menteri Pertahanan (Menhan) RI, Prabowo Subianto.

Prabowo Subianto langsung merespons permohonan tersebut.  Apalagi di sejumlah daerah, Menhan juga sudah meresmikan sejumlah sumber air bersih dan melakukan pipanisasi. Tim dari Kementerian Pertahanan (Kemhan) telah turun ke lokasi untuk melakukan survei dan memastikan kebutuhan air bersih di wilayah tersebut.

“Memang saat ini musim penghujan, namun kita harus mengantisipasi datangnya musim kemarau berkepanjangan seperti tahun lalu,” kata Ketua DPD Gerindra Bali, Made Muliawan Arya, Selasa (30/1/2024) malam.

“Artinya bantuan ini akan sangat bermanfaat ke depannya, dan berguna untuk jangka panjang,” imbuh sosok yang akrab disapa  De Gadjah ini.

De Gadjah yang juga Wakil Ketua DPRD Kota Denpasar ini merasa yakin daerah-daerah di Bali yang kekurangan air akan memiliki sumber air bersih. “Saya yakin sudah ratusan titik air di RI kekeringan sudah ada sumber air bersih. Banyak contoh di Gunung Kidul (Jawa Tengah), Sumbawa (NTB), Ambon (Maluku) dan Nusa Tenggara Timur (NTT)," urainya. 

Sebagaimana diketahui pada 2023, terutama pada semester II, sejumlah daerah mengalami kekeringan yang masuk kategori kekeringan ekstrem. Di mana wilayah yang disebut kekeringan ekstrem mengalami hari tanpa hujan (HTH) hingga lebih 60 hari berturut-turut.  Bahkan sejumlah wilayah sempat menembus status HTH di atas 100 hari pada akhir tahun lalu.

Bantuan pengadaan air bersih ini merupakan salah satu program prioritas Prabowo Subianto untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Calon presiden nomor urut 2 ini, kata De Gadjah,  memahami bahwa akses terhadap air bersih merupakan kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi.

"Terima kasih kepada Pak Prabowo karena begitu sigapnya untuk kepentingan masyarakat. Jika air sudah ada maka sumber kehidupan sudah ada. Kita sebagai kader beliau tetap mengawal kebutuhan masyarakat Bali agar bisa dibantu, bisa dipenuhi agar Bali semakin baik, sejahtera, maju di segala bidang," tandas De Gadjah yang juga Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran Bali ini.

Berikut adalah 10 titik lokasi yang akan menerima bantuan pengadaan air bersih dari Prabowo:

Kabupaten Buleleng
  • Kecamatan Banjar: Banjar Dinas Konci, Desa Tigawasa
  • Kecamatan Kubutambahan: Dusun Penulisan, Desa Tunjung
  • Kecamatan Gerokgak: Banjar Dinas Loka Segara, Desa Pemuteran

Kabupaten Klungkung
  • Kecamatan Nusa Penida: Desa Adat Klumpu, Desa Adat Pejukutan, Desa Adat Tanglad

Kabupaten Karangasem
  • Kecamatan Karangasem: Desa Seraya Timur
  • Kecamatan Abang: Banjar Dinas Bangle, Desa Bunutan
  • Kecamatan Kubu: Desa Batu Dawa dan Dusun Munti Gunung, Desa Tianyar Barat

Komentar