nusabali

Perumda Pasar dan Pangan MGS Bakal Beli Gabah Petani

Tunggu Teken PKS dengan Subak se-Kabupaten Badung

  • www.nusabali.com-perumda-pasar-dan-pangan-mgs-bakal-beli-gabah-petani

MANGUPURA, NusaBali - Terobosan Perumda Pasar dan Pangan Mangu Giri Sedana (MGS) yang merancang program pembelian gabah langsung ke petani bakal segera terwujud. Saat ini, Perumda Pasar dan Pangan MGS tinggal menunggu penandatanganan PKS (Perjanjian Kerja Sama) dengan seluruh Pekaseh Subak yang ada di Kabupaten Badung.

Dirut Perumda Pasar dan Pangan MGS Kabupaten Badung I Wayan Suryantara, membenarkan saat ini tengah bersiap penandatanganan PKS yang rencananya akan dilaksanakan pada Rabu (10/4) besok. Menurutnya, dalam pelaksanaan program ini dilakukan kerjasama dengan seluruh petani yang ada di Gumi Keris. Kerjasama ini melalui Pekaseh (Ketua) Subak dengan jumlah kurang lebih 135 Subak. 

“Cakupannya adalah keseluruhan, karena tujuan kami untuk membantu petani. Setelah penandatanganan PKS baru kami eksekusi (mulai program pembelian beras petani),” ujar Suryantara, Senin (8/4).

Mantan Perbekel Petang ini melanjutkan, pembelian langsung tersebut diharapkan dapat memberikan keuntungan bagi petani dan bisa terhindar dari permainan harga tengkulak. 

“Mudah-mudahan melalui program ini dapat memproteksi petani dari permainan harga oleh tengkulak. Karena tujuan kami membantu petani, artinya saat musim panen itu petani tidak beban, akibat ulah tengkulak menurunkan harga gabah,” terang Suryantara.

Menurut Suryantara, untuk pembelian gabah petani akan menyesuaikan harga pasar. Sebab harga gabah sangat fluktuatif. “Kami menyesuaikan harga saat itu, yang penting jangan sampai kami bermain untuk merugikan petani. Itu dibuatkan kesepakatan harga ideal,” kata Suryantara.

Selain itu, kata Suryantara, harga gabah pun disebutkan sesuai dengan lokasi penanaman. Misalkan di Petang lebih murah, karena suhu di wilayah tersebut lebih dingin. “Itu karena kultur padi, artinya kandungan airnya lebih tinggi di wilayah Petang, otomatis akan menurunkan nilai,” bebernya.ind

Komentar