nusabali

'Nyi Rimbit' Juga Tayang di Cinepolis

  • www.nusabali.com-nyi-rimbit-juga-tayang-di-cinepolis
  • www.nusabali.com-nyi-rimbit-juga-tayang-di-cinepolis

Dari pengamatan di bioskop tayang film Nyi Rimbit selalu membuat penonton tertawa terpingkal-pingkal pada adegan-adegan konyol yang dilakukan Clekontong Mas

DENPASAR, NusaBali 
Sejak tayang per 4 Januari 2024 di Denpasar Cineplex, kini Film Clekontong Mas The Movie ‘Nyi Rimbit’ memperluas layar tayang secara reguler di beberapa bioskop Cinepolis. 

Penayangan dijadwalkan 1 Februari 2024 di empat lokasi yaitu Cinepolis Lippo Mall Kuta, Jimbaran Sidewalk, Plaza Renon Bali dan Lippo Plaza Sunset. 

Ketut Hery Budiyana selaku produser film mengungkapkan selain tetap tayang di Denpasar Cineplex, penayangan film ini ingin menjangkau penonton wilayah Kuta dan Jimbaran. “Saya ingin menyambut hangat kehadiran penggemar film untuk menjadi saksi sejarah perfilman Bali dengan menonton film Clekontong Mas The Movie: Nyi Rimbit. Kami janjikan film ini selain memberi pesan moral, juga memberikan hiburan segar bagi penonton,” ujar Hery, Selasa (30/1). 

Sutradara Ida Bagus Hari Kayana Putra dan Bagus Windi Santika menyampaikan bahwa film Nyi Rimbit sendiri digadang-gadang menjadi film layar lebar pertama yang produksinya melibatkan hampir seluruhnya sineas lokal Bali. Bahasa yang digunakan dalam film juga menggunakan bahasa Bali (dengan terjemahan bahasa Indonesia). 

Dari pengamatannya di bioskop tayang film Nyi Rimbit selalu membuat penonton tertawa terpingkal-pingkal pada adegan-adegan konyol yang dilakukan Clekontong Mas. Meskipun tak jarang pada adegan berikutnya penonton justru dibuat merinding karena adegan horor berasal dari kisah yang hidup di tengah-tengah masyarakat Bali. 

“Seru Kak, keren, suka sekali sama film nuansa Bali kayak gini. Apalagi diperanin langsung oleh tokoh lokal. Fix harus lebih banyak sih ada film model gini Kak,” ujarnya menirukan tanggapan penonton muda. 

“Filmnya ganas Bli, perbanyak film lokalan seperti ini. Pokoknya the best,” tambahnya. 

Pemeran utama film sekaligus sebagai pencetus cerita film, I Komang Dedi Diana (Tompel) menceritakan bahwa tokoh film Nyi Rimbit sendiri lahir dari imajinasi Tompel pada tahun 2012 lalu, saat menggelar pertunjukan calonarang. 

Meski sosok cerita Nyi Rimbit merupakan sebuah imajinasi, namun banyak juga yang merasa kisahnya benar-benar pernah terjadi di masyarakat. Belakangan memang nama Rimbit merupakan nama yang dikenal pada komunitas-komunitas tertentu di Bali dan masih terkait dengan dunia mistis. “Ada beberapa kelompok yang menelepon tiyang menanyakan apakah menyangkut dengan keluarganya,” ungkap seniman asal Desa Batuyang Kangin, Kecamatan Sukawati, Gianyar ini. 

Meski sebuah imajinasi, nama Nyi Rimbit tidak asal dibuat oleh Tompel. Ia mempelajari nama-nama legendaris dalam dunia mistis seperti Nyi Roro Kidul, Nyi Pelet, Calonarang, hingga Mak Lampir. Menurutnya nama-nama tersebut sederhana tapi memiliki kekuatan besar. “Saya amati semuanya ada huruf ‘r’, sehingga muncul nama Rimbit,” tambah Tompel sembari menyebut nama Nyi Rimbit telah didaftarkan sebagai HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual). 

Dalam film sosok Nyi Rimbit seolah berpesan untuk jangan terburu-buru berburuk sangka terhadap orang lain. Nilai-nilai tersebut ingin disampaikan lewat komedi, seperti yang dilakukan Clekontong Mas dari panggung ke panggung selama ini. 

Cerita film Nyi Rimbit berpusat pada trio Clekontong Mas yang mendapat tugas dari Jero Bendesa untuk menyelidiki siapa dalang kutukan yang menimpa Desa Kalidasa. Jero Bendesa mulai khawatir karena satu per satu warganya meninggal dunia tanpa sebab jelas. Seorang perempuan tua di Desa Kalidasa bernama Nyi Rimbit menjadi korban fitnah karena memang dikenal mempunyai kesaktian. Trio detektif dadakan Clekontong Mas yang awalnya ingin menangkap Nyi Rimbit justru diberikan ilmu untuk mengungkap pelaku yang sebenarnya. 7 a

Komentar