nusabali

Banjar Pesanggaran Siapkan Ogoh-Ogoh untuk Lomba Tingkat Desa Pedungan

  • www.nusabali.com-banjar-pesanggaran-siapkan-ogoh-ogoh-untuk-lomba-tingkat-desa-pedungan

DENPASAR, NusaBali.com - Sekaa Teruna (ST) Sari Sanggraha di Banjar Pesanggaran, Desa Pedungan, Denpasar Selatan, tengah mempersiapkan ogoh-ogoh untuk menyambut Tahun Baru Caka 1946. Ogoh-ogoh tersebut digarap sejak 5 Januari 2024 lalu dan saat ini baru memasuki tahap sekitar 30 persen pengerjaan.

Menurut Komang Budiyasa selaku anggota ST Sari Sanggraha, ogoh-ogoh tersebut memiliki satu tokoh karakter dengan sistem bongkar pasang. Bagian kaki dan badan ogoh-ogoh tersebut dibuat terputus.

“Kami berharap, ogoh-ogoh ini dapat menjadi tontonan yang menarik dan menghibur bagi masyarakat,” ujar Budiyasa, Kamis (11/1/2024).

Budiyasa menambahkan, ogoh-ogoh tersebut dibuat dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah diperoleh. Hal ini dilakukan untuk menghemat biaya dan juga untuk menjaga kelestarian lingkungan.

“Kami berusaha seminim dan sekreatif mungkin dalam mengolah bahan-bahan yang ada di sekitar. Kami ingin ogoh-ogoh ini tetap terlihat menarik dan juga ramah lingkungan,” jelasnya.

Budiyasa berharap, ogoh-ogoh yang dibuat oleh ST Sari Sanggraha ini dapat meraih juara dalam lomba ogoh-ogoh di desa setempat. Selain itu, ia juga berharap, masyarakat luas dapat menikmati karya seni ini dan makna dari ogoh-ogoh ini dapat tersampaikan.

“Kami berharap, ogoh-ogoh ini dapat menjadi sarana untuk memperkenalkan budaya Bali kepada masyarakat luas,” pungkasnya.*m03

Komentar