nusabali

BPBD Tangani 2 Pohon Tumbang

  • www.nusabali.com-bpbd-tangani-2-pohon-tumbang

AMLAPURA, NusaBali - BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Karangasem menangani dua pohon tumbang, salah satunya menimpa bangunan Bale Banjar Adat Pangleg, di Desa Jungutan, Kecamatan Bebandem, Karangasem Rabu (24/1) pukul 08.20 Wita. Pohon kapuk panjang 35 meter dan diameter 40 cm yang tumbang di Banjar Pangleg akibat tiupan angin kencang.

Bencana itu dilaporkan oleh Kelian Banjar Pangleg I Wayan Sudira, menimpa askes jalan desa rabat beton di lingkar Banjar Pangleg, menuju kebun dan tegalan warga. Kebetulan saat kejadian tidak ada pengendara melintas sehingga terhindar dari korban jiwa.

Sudira melaporkan ke Pos BPBD Karangasem. Enam petugas mendatangi lokasi kejadian di bawah koordinasi Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD I Wayan Soko Wijaya, membawa 3 chainsaw melakukan pemotongan batang pohon kapuk yang melintang di jalan raya.

Dia mengatakan, kapuk yang tumbang itu milik warga I Wayan Srimpen. "Walau pohon itu menimpa Bale Banjar Adat Pangleg, tetapi tidak terjadi kerusakan serius, hanya satu lembar atap seng yang rusak," jelasnya.

Selama melakukan penanganan, kendaraan tidak bisa lewat sekitar satu jam, selanjutnya arus lalulintas kembali normal pukul 10.00 Wita. "Bagian akar pohon telah lapuk, sebelumnya sempat diguyur hujan, sehingga pohon itu roboh," jelas Soko Wijaya.

Perbekel Jungutan I Wayan Wastika mengapresiasi kesigapan Kelian Banjar Pangleg, langsung melaporkan kejadian itu ke BPBD Karangasem sehingga cepat dapat penanganan. "Apalagi pohon itu melintang di jalan, sehingga penanganan cepat, tetapi tidak menimbulkan kerusakan walau menimpa Bale Banjar Adat Pangleg," jelas Wastika.

Sebelumnya, BPBD Karangasem menangani pohon albesia tumbang, di Banjar Tegal Bengkak, Desa Bhuana Giri, Kecamatan Bebandem, Karangasem. Pohon  ini panjang 11 meter, dan diameter 40 cm melintang di jalan kabupaten. Warga I Wayan Sueta yang menemukan pertama kejadian itu, langsung melaporkan ke petugas BPBD di Jalan Nenas Amlapura, langsung malam itu dapat penanganan dari petausg.7k16

Komentar