nusabali

Adi Arnawa Berpesan Jaga Integritas

Hadiri Pelantikan 1.485 PTPS

  • www.nusabali.com-adi-arnawa-berpesan-jaga-integritas

MANGUPURA, NusaBali - Sekretaris Daerah (Sekda) Badung I Wayan Adi Arnawa menghadiri pelantikan 1.485 orang Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) di Kabupaten Badung, Senin (22/1) di Balai Budaya Giri Nata Mandala, Puspem Badung.

Adi Arnawa pun berpesan untuk menjaga integritas dan transparansi dalam pelaksanaan demokrasi di Kabupaten Badung, karena pengawas TPS memiliki peran sangat penting dalam memastikan setiap tahapan pemilihan berlangsung dengan adil, bersih, dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Sebagai pengawas TPS, tugas dan tanggung jawab yang saudara emban tidaklah ringan. Saudara adalah ujung tombak dari keberhasilan pelaksanaan pemilu di tingkat lokal. Kredibilitas dan integritas saudara akan menjadi penentu sejauh mana proses pemilihan berjalan lancar dan dipercayai oleh masyarakat,” ujar Adi Arnawa.

Menurut Adi Arnawa keberadaan PTPS menjadi instrumen penting yang akan ikut menentukan kualitas proses pemungutan dan penghitungan suara. Oleh sebab itu, anggota PTPS dituntut agar aktif dan progresif, mengerti tugas dan wewenangnya, sehingga memaksimalkan perannya dengan baik. Dikatakan juga bahwa pengetahuan dan keterampilan PTPS menjadi faktor utama dalam mewujudkan integritas proses dan hasil pemungutan serta penghitungan suara. “Untuk itu, saya mengajak saudara-saudara agar melaksanakan tugas ini dengan penuh tanggung jawab, keadilan, dan ketulusan,” ajak Adi Arnawa.

“Jadilah pengawas yang bersih dari segala bentuk kepentingan pribadi atau kelompok, sehingga hasil pemilihan yang nantinya diumumkan benar-benar mencerminkan suara dan kehendak rakyat. Teruslah mengembangkan profesionalisme, meningkatkan pemahaman terkait aturan dan mekanisme pemilihan, serta menjalin koordinasi yang erat dengan pihak terkait. Sebuah pemilihan yang sukses adalah hasil dari kerjasama dan sinergi seluruh pihak,” imbuh birokrat asal Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan ini.

Ketua Bawaslu Badung I Putu Hery Indrawan, menyampaikan anggota PTPS yang dilantik akan disebar di setiap TPS yang ada di seluruh wilayah Kabupaten Badung. Satu orang PTPS akan mengawasi proses pemungutan suara di satu TPS. “Pada kesempatan ini kami juga menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Badung yang telah memberikan dukungan penuh kepada Bawaslu Badung dalam setiap tahapan yang kami lalui,” ujarnya. 7 asa

Komentar