nusabali

Bali Ocean Days Berikan Award kepada Para Penjaga Samudra

  • www.nusabali.com-bali-ocean-days-berikan-award-kepada-para-penjaga-samudra

MANGUPURA, NusaBali.com - Gemuruh tepuk tangan menggema saat kalimat "Hari ini, komunitas Bali Ocean Days lahir!" meluncur dari Yoke Darmawan, Ketua Panitia Bali Ocean Days (BOD), Sabtu (20/1/2024).

Para hadirin, dari pembicara ternama hingga pelaku bisnis dan pemerhati lingkungan, bersatu dalam semangat yang sama: menjaga lautan Indonesia.

“Dan besok, mari kita sama-sama lindungi dan besarkan komunitas ini demi konservasi laut, demi bumi kita," seru Yoke.

Bali Ocean Days, ajang bergengsi yang menyatukan pembicara terkemuka, pameran, sponsor, hingga para "sahabat dan influencer lautan", tak sekadar merayakan keindahan samudra. Forum dua hari, 19-20 Januari 2024 ini, menjadi katalis lahirnya sebuah persatuan, sebuah harapan biru untuk masa depan lautan kita.

Kegembiraan tak hanya hadir dari konferensi dan pameran. Suasana semakin hangat saat BOD memberikan penghargaan 'Sky Blue Awards'.

Penghargaan pertama jatuh kepada GreenHope, perusahaan teknologi hijau pelopor Oxium (aditif biodegradable), Ecoplas (bioplastik berbahan singkong), dan Naturloop (bioplastik kompos singkong). 

"GreenHope bekerja sama dengan produsen, pemilik merek, LSM, hingga pemerintah untuk wujudkan konsumsi dan produksi yang berkelanjutan," kata Tommy Tjiptadjaja, Co Founder & CEO GreenHope.

Tak ketinggalan, Plastic Bank Indonesia pun diganjar penghargaan. Penghargaan diterima oleh Andri Zainudin selaku Community & Strategic Partnership Manager di Plastic Bank Indonesia.

Lembaga ini mengubah sampah plastik menjadi mata uang, membantu masyarakat miskin keluar dari lingkaran kemiskinan sekaligus membersihkan planet kita. "Ini bukti bahwa solusi terbaik tercipta dari kerja sama," tegas Yoke.

Sementara itu  InterContinental Bali Resort juga mendapatkan award mengingat komitmennya dalam mendukung program penyelamatan laut.
 
Sukses gelaran BOD ini pun akahirnya akan dilanjutkan dengan event serupa pada Januari 2025 di InterContinental Bali Resort.

Tapi tunggu dulu, kita tidak akan berpisah selama itu! Bali Ocean Days akan terus berdenyut melalui serangkaian podcast dan workshop bersama Coral Triangle Center.

Hari Laut Sedunia PBB pun akan disambut dengan meriah melalui Bali Ocean Days Artworks and Shows, di mana seniman dan performer berbakat akan menyentuh hati kita dengan karya yang menggugah kesadaran tentang pentingnya menyelamatkan lautan.

Bali Ocean Days digagas oleh Sky Blue Sea Foundation dan D&A Consultancy. Lahirnya Sky Blue Sea dilatari keprihatinan para penyelam terhadap lautan kita yang kian tercemar. Menyelam sejak 1990-an, mereka menyaksikan hilangnya spesies laut dan munculnya spesies baru: plastik.

Sejak 2018, Sky Blue Sea bertekad menghentikan aliran sampah plastik ke laut. Sadar bahwa masalah ini terlalu besar untuk diatasi sendiri, mereka menggalang partisipasi individu, kelompok, organisasi, dan lembaga yang berkecimpung dalam riset, inovasi, dan teknologi untuk mengurangi polusi plastik. Peran Sky Blue Sea adalah menghubungkan titik-titik biru di dunia, karena lautan kita tak mengenal batas.


Komentar