nusabali

Disperindag Tegaskan Parkir Hanya di Basement

Pedagang Keluhkan Penertiban Parkir Sisi Barat PRG

  • www.nusabali.com-disperindag-tegaskan-parkir-hanya-di-basement

Kesepakatan Disperindag dan Dinas Perhubungan, parkir pengunjung dan pedagang dimaksimalkan di basement.

GIANYAR, NusaBali
Sejumlah pedagang marah-marah melihat penutupan akses parkir di sisi barat Pasar Rakyat Gianyar (PRG). Seorang pedagang memvideokan kondisi tersebut dan mengunggahnya di akun Tiktok. Versi pedagang, penutupan parkir di sisi barat menyebabkan pengunjung tambah sepi. Sebab sisi barat pasar jadi lokasi strategis pembeli untuk parkir. Versi Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Gianyar, sisi barat PRG sejak awal tidak diperuntukkan sebagai tempat parkir. 

Kadisperindag Gianyar Luh Gede Eka Suary menegaskan, tempat parkir Pasar Rakyat Gianyar hanya di basement 1 dan basement 2. Eka Suary didampingi Kepala UPT Retribusi Pasar Ni Putu Dian Pratiwi Udayani menegaskan, Disperindag memposisikan jalan sisi barat sebagai jalur untuk pedagang memasukkan barang dagangan ke pasar. Sesuai petunjuk dan arahan Sekda dan hasil koordinasi dengan Kadis Perhubungan Gianyar, Disperindag membebaskan jalan di barat Pasar Rakyat Gianyar dari parkir. 

Foto: Screenshot video keluhan pedagang maupun pengunjung terkait pembatasan parkir di sisi barat Pasar Rakyat Gianyar. -IST

“Selama ini jalan sisi barat sangat semrawut karena jalur pemasukan barang ke pasar terganggu karena adanya parkir pengunjung di sisi jalan barat pasar,” ujar Eka Suary, Jumat (19/1). Atas kesepakatan Disperindag dan Dishub, parkir pengunjung dan pedagang dimaksimalkan menggunakan basement. “Kami telah sepakat dengan Dishub menata sisi barat Pasar Rakyat Gianyar untuk memudahkan pedagang memasukkan barang,” jelas Eka Suary. 

Kasi Perpakiran Dishub Gianyar I Gede Suliartana menambahkan, sudah membebaskan sisi barat Pasar Rakyat Gianyar dari parkir. “Petugas yang memungut parkir di sisi barat Pasar Rakyat Gianyar sudah kami tertibkan, sisi barat sudah steril dari parkir,” jelasnya. Pedagang dan pengunjung yang biasanya parkir di sisi barat PRG sudah diarahkan ke basement. “Kami fokuskan jalan di sisi barat Pasar Rakyat Gianyar untuk jalur pedagang memasukkan barang ke dalam pasar, jadi kawasan tersebut bebas dari parkir,” tegas Suliartana. 7 nvi

Komentar