nusabali

Pantai Jerman Dirancang Jadi Destinasi Wisata Ramah Keluarga

  • www.nusabali.com-pantai-jerman-dirancang-jadi-destinasi-wisata-ramah-keluarga

MANGUPURA, NusaBali - Pantai Jerman di Kecamatan Kuta, Badung akan disulap menjadi destinasi wisata ramah keluarga yang unik dengan sentuhan tradisional. Pantai ini menawarkan pengalaman yang ramah keluarga, terutama karena ombaknya yang cenderung tenang, menciptakan lingkungan yang aman untuk berenang bersama anak-anak.

Bendesa Adat Kuta Komang Alit Ardana, mengatakan untuk mengelola bentangan pantai yang dikelola oleh Desa Adat Kuta seluas 4,2 kilometer akan dibagi menjadi tiga segmen. Direncakan, Pantai Jerman akan fokus pada konsep pantai ramah keluarga berbasis masyarakat.

“Kami ingin Pantai Jerman ini menjadi destinasi yang ramah keluarga berbasis masyarakat. Karakteristik pantai yang tidak memiliki gelombang membuatnya sangat cocok untuk wisata keluarga,” kata Alit, Selasa (15/1) sore.

Saat ini pihaknya telah membuat inisiasi area water fun di bagian utara Pantai Jerman sebagai tempat permainan air yang dapat dinikmati oleh keluarga. Dia berharap ini akan menjadi peluang bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dari masyarakat Desa Adat Kuta, khususnya di Banjar Segara Kuta.

Dikonfirmasi secara terpisah, Kelian Banjar Segara, Desa Adat Kuta, I Ketut Werka menyatakan setiap hari jumlah kunjungan di Pantai Jerman terus meningkat dan harapannya segala aktivitas yang telah mereka persiapkan akan menarik lebih banyak pengunjung di masa depan. “Hari-hari biasanya kurang lebih 1.200 kunjungan, tetapi sekarang mungkin bisa mencapai 3.000 kunjungan. Kami melihat peningkatan terutama saat akhir pekan atau acara besar. Meskipun segmennya masih didominasi oleh wisatawan domestik, namun secara perlahan-lahan, setiap hari sudah ada kunjungan dari wisatawan asing,” katanya.

Menurut Ketut Werka, keunggulan Pantai Jerman terletak pada suasana lingkungan yang sangat cocok untuk bersantai. Hal ini menjadi daya tarik utama bagi para pengunjung, baik yang berasal dari dalam negeri maupun mancanegara.

Seiring dengan peningkatan kunjungan, pihaknya pun berencana untuk terus berinovasi. “Inovasi ke depan kami akan membuat persiapan parkir menggunakan portal. Ini sudah kami canangkan dan kami akan berkoordinasi dengan pihak desa adat dan dinas terkait untuk merealisasikannya. Kami lebih fokus dulu ke persiapan fasilitas yang ada di sini dan setelah semuanya fix, baru kami akan membuat perkiraan tentang portal parkir,” tambahnya.

Ketut Werka juga menegaskan kerja sama dengan pihak terkait, termasuk desa adat dan instansi pemerintah sangat penting dalam mewujudkan inovasi ini. Dengan persiapan yang matang, pihaknya berharap Pantai Jerman dapat terus menjadi destinasi yang menarik dan ramah bagi pengunjung, serta memberikan dampak positif bagi ekonomi lokal. 7 ol3

Komentar