nusabali

PDIP Bali Gelar Konsolidasi Internal

Kader di Bali Ikuti Peringatan HUT ke-51 PDIP Secara Daring

  • www.nusabali.com-pdip-bali-gelar-konsolidasi-internal

Wapres Ma'ruf Amin menyatakan dirinya akan menghadiri perayaan HUT Ke-51 PDIP hari ini, sedangkan Presiden Jokowi lawatan ke luar negeri

DENPASAR, NusaBali
Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang dirayakan secara besar-besaran, tahun ini Peringatan HUT PDI Perjuangan ke-51 pada, Rabu (10/1) hari ini hanya diisi dengan konsolidasi internal dan digelar secara daring. Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri akan memimpin peringatan HUT PDIP sekaligus konsolidasi internal.

Bendahara DPD PDIP Bali, Dewa Made Mahayadnya alias Dewa Jack dihubungi NusaBali, Selasa (9/1) sore mengatakan kegiatan HUT di Bali dilaksanakan di masing-masing DPD, DPC, PAC hingga Ranting. “Acaranya konsolidasi internal saja. Tidak ada kegiatan akbar. Di DPD, DPC-PAC dan pengurus desa peringati dengan giat masing-masing,” ujar Dewa Jack.

Dewa Jack menambahkan, peringatan HUT PDIP tahun ini juga akan dilaksanakan zoom (daring) dengan DPP PDIP. Seluruh kader secara nasional akan mengikuti pidato Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri secara daring. “Kita akan mengikuti pidato politik Ibu Ketua Umum (Megawati) secara daring dari DPD saja. Termasuk DPC juga akan mengikuti pidato Ibu Ketua Umum secara zoom,” ujar politisi asal Desa/Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng ini.

Alasan tidak menggelar acara akbar dengan berbagai rangkaian kegiatan seperti tahun-tahun sebelumnya menurut Dewa Jack mengikuti instruksi dari DPP. Namun acara dari struktur pusat sampai tingkat desa tetap berjalan. “Kegiatan tetap ada, dengan gaya masing-masing di desa-desa,” tegas Dewa Jack.

Usai mengikuti Peringatan HUT  PDIP yang bertema ‘Satyam Eva Jayate, Kebenaran Pasti Menang’ tahun ini DPD PDIP Bali mengisi dengan menggelar rapat partai. Hanya saja, Dewa Jack tidak mengungkap apa saja yang dibahas dalam rapat internal nanti. Namun, bocoran yang diperoleh NusaBali, rapat yang rencananya dipimpin Ketua DPD PDIP Bali Wayan Koster tersebut agendanya merapatkan barisan dalam menghadapi Pemilu 2024. Seperti diketahui untuk Pilpres 2024, PDIP menargetkan kemenangan 95 persen untuk pasangan Capres-Cawapres usungan PDIP, yakni Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Sementara Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menyatakan dirinya diundang dan akan menghadiri perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-51 PDI Perjuangan di Jakarta, Rabu hari ini. Hal itu disampaikan Wapres Ma’ruf Amin di sela kunjungan kerja di Jogjakarta, Selasa, saat menjawab pertanyaan wartawan.

"Ya saya diundang," kata Wapres Ma'ruf Amin sebagaimana video keterangan pers yang disaksikan di Jakarta, Selasa kemarin. Wapres mengatakan karena Presiden Joko Widodo (Jokowi) sedang pergi ke luar negeri maka dirinya akan hadir memenuhi undangan mewakili pemerintah.

"Mewakili pemerintah. Mudah-mudahan kalau tidak ada halangan, artinya besok pagi (hari ini) saya harus kembali (ke Jakarta)," kata Wapres. Sebelumnya, Koordinator Staf Khusus Presiden AAGN Ari Dwipayana mengatakan sampai Selasa kemarin Presiden belum menerima undangan menghadiri HUT Ke-51 PDI Perjuangan.

Ari Dwipayana juga mengatakan belum ada permintaan video ucapan HUT PDI Perjuangan yang disampaikan kepada Presiden RI Joko Widodo.

Presiden sendiri diperkirakan tidak bisa menghadiri HUT Ke-51 PDI Perjuangan, Rabu (10/1) karena pada hari ini hingga 14 Januari 2024, Presiden akan melakukan lawatan ke Filipina, Vietnam dan Brunei Darussalam.

Ketidakhadiran Jokowi dalam HUT PDI Perjuangan menjadi sorotan, sebab hubungan Jokowi dengan PDI Perjuangan itu disebut-sebut merenggang sejak pencalonan capres-cawapres pada Pilpres 2024.’ Terpisah Calon Presiden (Capres) RI yang diusung PDIP-PPP-Hanura-Perindo, Ganjar Pranowo mengatakan urusan negara nomor satu terkait dengan ketidakhadiran Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada peringatan HUT Ke-51 PDI Perjuangan, Rabu hari ini. Ganjar mengaku tak mempersoalkan kabar ketidakhadiran Jokowi dalam HUT PDI Perjuangan bila menyangkut kepentingan negara. Pasalnya, Jokowi diagendakan melakukan kunjungan kenegaraan ke negara ASEAN, Filipina.

"Katanya mau ke Filipina?" tanya Ganjar usai bertemu dengan nelayan dan sukarelawan di Kantor Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Cilacap, Jawa Tengah, Selasa kemarin. Ia lantas mengatakan, "Kalau beliau mau kunjungan ke luar negeri, ya, saya kira urusan negara nomor satu," katanya. Sementara itu, Ganjar memastikan bahwa dirinya akan hadir pada HUT PDI Perjuangan. "Datang dong," ucap Ganjar.

Sebelumnya Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto mengatakan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-51 PDIP pada 10 Januari 2024 akan menjadi momentum untuk memperkuat kedekatan partai dengan rakyat. Hasto mengatakan, peringatan HUT ke-51 PDIP yang bertema 'Satyam Eva Jayate, Kebenaran Pasti Menang' akan dibuka di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

"Seluruh komitmen PDIP akan ditampilkan di dalam gerakan kerakyatan, untuk mengadakan peringatan di tengah-tengah rakyat oleh setiap komponen partai, sehingga partai betul-betul menyatu dengan rakyat, karena jati diri PDIP yang berasal dari rakyat," kata Hasto dalam konferensi pers di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta, Senin (8/1).

Hasto menjelaskan Sekolah Partai PDIP menjadi lokasi pembukaan rangkaian HUT ke-51 karena sekolah partai merupakan tempat untuk mendidik kader-kader partai yang punya moralitas dan etika politik yang baik, memiliki komitmen kerakyatan, menjadikan falsafah Pancasila dengan komitmen pembebasan nasib wong cilik terus menerus diperjuangkan partai. "Sekolah partai juga menunjukkan tempat tersebut digembleng kader PDIP akan pemahaman ideologi yang kuat, pemahaman organisasi politik, kesadaran terhadap lingkungan, kesadaran terhadap jati diri PDI Perjuangan yang berasal dari rakyat," kata Hasto. 7 nat, ant

Komentar