nusabali

Peran Bhabinkamtibmas Penting Jaga Situasi Aman di Desa saat Pemilu

  • www.nusabali.com-peran-bhabinkamtibmas-penting-jaga-situasi-aman-di-desa-saat-pemilu

SINGARAJA, NusaBali - Pemilu 2024 yang tahapannya sedang berlangsung bisa memicu potensi terjadinya konflik di desa. Kemeriahan dari tahun politik tidak akan bisa terlepas dari konflik yang timbul karena fanatisme terhadap sebuah pihak. Sehingga menjaga kondisi keamanan dan kondusifitas saat Pemilu menjadi penting.

Bhabinkamtibmas yang bertugas di wilayah hukum Polres Buleleng diminta mampu menciptakan situasi aman dan damai di desa-desa wilayahnya. Hal itu disampaikan Kapolres Buleleng, AKBP Ida Bagus Widwan Sutadi. Menurutnya, Bhabinkamtibmas di masing-masing desa berpengaruh terhadap situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Pihaknya meminta semua polisi desa berkomitmen menjaga keamanan di wilayahnya masing-masing. Apalagi sekarang sedang di tahap kampanye Pemilu 2024, Bhabinkamtibmas mesti terus meningkatkan kewaspadaan, mengintensifkan sambang, mampu melakukan deteksi dini dan penyelesaian masalah untuk bisa menciptakan situasi yang damai dan aman.

Posisi Bhabinkamtibmas yang selalu berada di tengah masyarakat diharapkan mampu membangun kesadaran masyarakat tentang keamanan. “Bhabinkamtibmas ini kan sehari-hari berada di denyut jantung masyarakat artinya bahwa mereka mempunyai peran penting untuk mengerti sekaligus memahami harapan masyarakat,” ujarnya, Minggu (7/1) di Kota Singaraja.

AKBP Widwan pun menekankan poin penting yang harus diresapi oleh Bhabinkamtibmas, di antaranya menghindari perbuatan yang membuat jatuh martabat keluarga dan institusi. Berkomitmen melakukan pelayanan, perlindungan, dan pengayom masyarakat.

Bhabinkamtibmas juga ditekankan melakukan usaha dan langkah yang produktif dalam menumbuhkan kesadaran sikap dan perilaku masyarakat untuk membentuk suasana yang kondusif. Mereka diharapkan meraih kepercayaan masyarakat melalui upaya yang komunikatif, koordinatif, konsultatif, dan peduli dengan lingkungan sekitar.

“Kami berharap keberadaan Bhabinkamtibmas benar-benar berimbas kepada masyarakat sehingga tetap tercipta situasi aman dan damai,” harapnya.7 mzk

Komentar