nusabali

Perayaan HUT ke-105 SDN 1 Sukawati Berlangsung Meriah

  • www.nusabali.com-perayaan-hut-ke-105-sdn-1-sukawati-berlangsung-meriah

GIANYAR, NusaBali - SD Negeri 1 Sukawati merayakan HUT ke 105 secara meriah pada Minggu (7/1). Beragam kegiatan dilaksanakan sejak Kamis (4/1) hingga puncak acara. Seluruhnya mengandalkan sponsorship sehingga tak sepeser pun menggunakan dana BOS (bantuan operasional sekolah).

SDN 1 Sukawati berlokasi di Banjar Gelulung, berdiri sejak 1 Januari 1919. Sekolah yang dekat dengan pasar ini banyak melahirkan alumni yang kini sukses sebagai pegawai maupun pengusaha. “Dengan usia 105 tahun tentu sekolah ini jadi motivator bagi SD lainnya. 


Dari sejarahnya, alumni telah banyak menjadi pejabat, pengusaha, maupun profesi hebat lainnya,” ungkap Perbekel Desa Sukawati Dewa Gede Dwi Putra. Perbekel mengajak para pihak bersama-sama memberikan ruang berekspresi bagi guru dan anak-anak di sekolah.

Kasek SDN 1 Sukawati Putu Edi Sumertayasa SPd menegaskan, perayaan HUT yang meriah ini tidak menggunakan dana BOS. “Kami sudah rancang sejak November lalu memanfaatkan potensi yang ada. Seluruhnya mengandalkan bantuan dana dari sponsor. Baik itu supermarket, lembaga keuangan, rekanan, dan lainnya,” jelas Putu Edi. 

Foto: Kepala Sekolah Putu Edi Sumertayasa. -NOVI

Dalam program peduli lingkungan, bekerja sama dengan Yayasan Kewisik. Mulai dari edukasi pemilahan sampah hingga pembuatan eco enzyme. Teba modern juga telah dibuat di lingkungan sekolah untuk menampung sampah organik. 

Saat ini terdapat 177 siswa. Seluruhnya dilibatkan dalam lomba melukis, mewarnai, masatua Bali, catur, parade seni saat jalan santai hingga pentas seni saat puncak acara. Anak-anak menampilkan tari Bali hingga modern dance. 

“Kami sebagai orangtua pasti mendukung pendidikan anak agar mereka nyaman belajar, aman, dan merdeka,” kata Ketua Komite Komang Selamet Diarsa. 7 nvi

Komentar