nusabali

38 SD di Buleleng Terima DAK Fisik

  • www.nusabali.com-38-sd-di-buleleng-terima-dak-fisik

SINGARAJA, NusaBali - Sebanyak 38 Sekolah Dasar (SD) di Buleleng tahun ini menerima bantuan yang sumber anggarannya dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Kemendikbud Ristek. 

Total anggaran yang digelontor pemerintah pusat sebesar Rp 29.339.361.000, yang diperuntukkan bagi pembangunan fisik dan pemenuhan sarana prasarana.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Buleleng Made Astika, Kamis (27/4), mengatakan DAK Fisik bidang pendidikan memang rutin didapatkan Buleleng. Bantuan yang diterima tahun ini pun berdasarkan Uraian Rencana Kerja (URK) tahun 2022 lalu.

“Yang mendapat prioritas adalah sekolah dengan kerusakan sedang, berat. Kalau yang ringan sementara masih bisa ditangani dengan menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS),” ucap Astika.

Puluhan sekolah yang menerima bantuan tahun ini dialokasikan untuk rehabilitasi ruang kelas dan meubelair, pembangunan ruang perpustakaan, pembangunan ruang guru, pembangunan ruang lab, ruang Unit Kesehatan Sekolah (UKS), pembangunan toilet termasuk pengadaan sarana Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Sistem bantuan tahun ini juga disebut Astika berbeda dari tahun sebelumnya, yakni menggunakan pola tuntas. Sehingga tidak menutup kemungkinan satu sekolah mendapatkan satu paket bantuan, baik pembangunan fisik maupun pemenuhan sarana prasarana.

Sejauh ini proses realisasi bantuan DAK Fisik SD ini dalam tahap sosialisasi dan sudah masuk daftar lelang. Astika pun berharap segera ada pemenang lelang agar proses pengerjaan segera terealisasi paling cepat bulan Juni ini.

“Target pengerjaan 120 hari kerja sejak tanda tangan kontrak, harapannya sebelum akhir tahun ini sudah tuntas seluruhnya,” jelas Astika. 7k23

Komentar