nusabali

Usai dari Qatar, Kadek Arel Lanjutkan TC di Jakarta

Timnas U-19 Jalani Ujicoba Persiapan Piala AFF U-19 dan Kualifikasi AFC U-20

  • www.nusabali.com-usai-dari-qatar-kadek-arel-lanjutkan-tc-di-jakarta

JAKARTA, NusaBali - Pemain muda Bali United Kadek Arel Priyatna tampaknya tidak memiliki waktu libur seperti para seniornya di Serdadu Tridatu. Usai menjalani pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-19 di Qatar hingga 30 Desember 2023, Kadek Arel langsung melanjutkan TC di Jakarta bersama coach Indra Sjafrie hingga 28 Januari 2024.

“Bagi kami tim pelatih tidak masalah. Yang pasti, kami mau punya persiapan matang untuk semua pemain di Liga 1 musim ini. Mudah-mudahan mereka yang di Timnas bisa bantu memberikan yang terbaik untuk negara,” kata pelatih kepala Bali United, Stefano ‘Teco’ Cugurra. 

Ya, Timnas U-19 Indonesia menjalani TC untuk persiapan Piala AFF U-19 dan Kualifikasi AFC U-20. Kadek Are masuk dalam daftar 34 pemain Garuda Nusantara, yang menjalani TC sejak 30 Desember 2023 di Lapangan A, Komplek Gelora Bung Karno, Jakarta.

"Setelah mendapatkan banyak informasi tentang pemain, baru nanti kami (akan) putuskan terpilih atau tidak terpilih, yang nanti akan kami lanjutkan pembinaannya, sampai nanti di AFF U-19, dan setelah itu kualifikasi AFC U-20. Nantinya tim ini sesuai dengan arahan dari Ketua Umum akan kami tata sampai menjadi generasi baru pesepak bola Indonesia ke depan," kata Pelatih Timnas U-19 Indra Sjafri, Kamis (4/1).

Sebelumnya skuad Garuda Nusantara menjalani TC tahap pertama di Qatar. Dari 26 pemain yang TC di Doha, Qatar terdapat enam pemain yang dicoret dari skuad. Lalu dalam TC di Jakarta, Indra Sjafri memanggil tambahan 14 pemain.Nantinya, para pemain yang masuk akan bersaing memperebutkan posisi masing-masing dalam sistem seleksi promosi dan degradasi.

"Jumlah pemain sekarang 34. Nanti kami akan coret lagi dan akan kita panggil lagi pemain baru. Berapa orangnya, habis ini, kami akan melihat hasil dari semua profil pemain yang ada," ucap Indra.

Soal kriteria pemain yang dipilih, Indra mengungkapkan pemilihan pemain tersebut akan sama dengan kriteria pemain yang digunakan saat menyeleksi skuad Piala Dunia U-17, yaitu postur tubuh menjadi prioritas untuk sejumlah posisi tertentu.

"Nanti kami putuskan berapa pemain yang kami kembalikan ke klub dan berapa pemain yang kami panggil lagi untuk dicoba," kata Indra.

Indra Sjafri juga mengungkapkan timnas akan melakoni sejumlah laga ujicoba untuk persiapan menuju Piala AFF U-19 dan Kualifikasi AFC U-20. Mengenai calon lawan, Indra Sjafri belum bisa memberitahukan karena sedang dalam proses komunikasi.

"Tempat uji coba di Jakarta, ya di sini. Negaranya lagi dihubungi, ada beberapa negara dari Eropa, Amerika, Asia. Nanti akan diumumkan," kata Indra Sjafri.

Selain melakoni uji coba persiapan Piala AFF U-19 dan Kualifikasi AFC U-20, Indra mengatakan Timnas U-19 disiapkan road map selama satu tahun ini dan akan menjalani sejumlah turnamen. Keputusan itu dengan mempertimbangkan beberapa pemain yang bermain di kompetisi, karena ada yang main di Liga 1 maupun Liga 2. ant

Daftar 34 pemain yang Ikut TC di Jakarta:
1. Ikram Algiffari, Semen Padang; 
2. Rifky Tofani, PPLP DKI Jakarta; 
3. Andrika Fathir, Borneo FC; 
4. Dony Tri, Persija
5. Alexandro Felix, Barito Putera
6. Kadek Arel Priyatna, Bali United
7. Sulthan Zaky, PSM
8. M Iqbal Gwijangge, Barito Putera
9. Muhammad Ibrah, Persija
10. Muhammad Syamsul, Persikabo
11. Muhammad Mufli, PSM
12. Arlyansyah Abdulmanan, Persija
13. Ji Da Bin, ASIOP
14. Muhammad Kafiatur, Dewa United
15. M Riski Afrisal, Madura United
16. Ferre Murari, Bhayangkara FC
17. M Nabil Asyura, Persija
18. Rizdjar Nurviat, Borneo FC
19. Hugo Samir, Borneo FC
20. Fitrah Maulana, Persib
21. Zaky Abdul, Dewa United
22. Habib Hidayatullah, Dewa United
23. Arkhan Kaka, Persis
24. M Ghozali, PS Siak
25. Fahri Akbar, Dewwa United
26. Muhammad Ragil, Bhayangkara FC
27. A Fery Jamsir, Persiban Bantaeng
28. Dani Saputra, Garudayaksa Academy
29. Muhammad Rayhan, Kwarta
30. Figo Dennis, Persija
31. Tony Firmansyah, Persebaya
32. Habil Abdillah, PPLP Jawa Tengah
33. Genta Saifulloh, PSP
34. Raheem Nugraha, Bhayangkara FC

Komentar