nusabali

Tarung Derajat Mulai Persiapan TC

  • www.nusabali.com-tarung-derajat-mulai-persiapan-tc

DENPASAR, NusaBali - Pengurus Provinsi Keluarga Olahraga Tarung Derajat (Kodrat) Bali mulai ancang-ancang melakukan pemusatan latihan (TC) para petarungnya. Sesuai rencana, TC para petarang yang lolos PON XIX/2024 Aceh dan Sumatera Utara akan dimulai awal tahun 2024.

Menurut Dewan Pelatih Perguruan Tarung Derajat Gede Sutariasa, sejak pertengahan Desember Pengprov Kodrat Bali mulai melakukan komunikasi dan koordinasi untuk pemusatan latihan bagi para atlet yang lolos PON Aceh dan Sumatera Utara mendatang. Dari hasil koordinasi itu, TC dilakukan awal 2024. 

"Ya mulai Januari kita sudah persiapan untuk pemusatan latihan bagi atlet yang lolos PON," kata Sutariasa, Jumat (22/12)

Menurut Sutariasa, TC sejak awal tahun untuk memaksimalkan teknik dan taktik para atlet (petarung). Dengan demikian, saat PON mereka benar-benar siap bertarung dan mendapat hasil positif bagi kontingen Bali. 

"Karena fisik memang harus terus ditempa, maka kita lakukan pemusatan latihan sejak dini. Hal ini untuk memaksimalkan para atlet tampil lebih baik," kata pria yang akrab disapa Kang Gede ini.

Kang Gede juga tidak memungkiri, kalau pemusatan latihan dini ini dilakukan secara internal terlebih dulu. Setelah semuanya dijalani, para atlet akan melanjutkan pemusatan latihan yang digelar KONI Bali. 

"Ini bersifat internal, kita butuh beberapa bulan sebelum mereka gabung pemusatan latihan di KONI Bali. Ini inisiatif dari Pengprov Kodrat untuk mencapai hasil maksimal," kata Kang Gede.

Pemusatan ini, lanjut Kang Gede, sejalan dengan target Pengprov Kodrat yang ingin meraih empat medali emas atau lebih pada PON. Dia juga optimistis, 10 atlet yang lolos PON 2024 itu mampu menampilkan kemampuan terbaik. 

"Kalau atlet yang lolos itu kan ada 10 atlet, tujuh putra dan tiga putri. Nah kami juga sudah menargetkan emas lebih dari hasil yang di PON Papua. Ya, minimal empat emas," kata Gede Sutariasa.dar

Komentar