nusabali

Pemkot Gandeng Forkopimda Antisipasi Kerawanan Perayaan Nataru

  • www.nusabali.com-pemkot-gandeng-forkopimda-antisipasi-kerawanan-perayaan-nataru

DENPASAR, NusaBali - Pemkot Denpasar menggandeng Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Denpasar untuk pengamanan menjelang hari raya Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi kerawanan yang terjadi saat pelaksanaan Nataru mendatang.

Kesepakatan menjaga ketertiban dan keamanan wilayah Kota Denpasar disetujui saat Rapat Kordinasi (Rakor) bersama Forkopimda yang dihadiri Wakil Walikota Denpasar, Kadek Agus Arya Wibawa, Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede serta pimpinan dari unsur TNI, Polri, Pengadilan Negeri Denpasar, Kejaksaan Negeri Denpasar, Sabha Upadesa, OPD terkait, Camat se-Kota Denpasar, Majelis Madya, Forum Perbekel/Lurah, serta instansi terkait lainnya di Gedung Dharma Negara Alaya, Kamis (21/12).

Bahkan dalam kesepakatan tersebut juga dilaksanakan penandatanganan komitmen bersama antara Pemerintah Kota Denpasar, Forkopimda Denpasar, Majelis Desa Adat Kota Denpasar, Ketua Sabha Upadesa Kota Denpasar, dan Forum Perbekel/Lurah Kota Denpasar dalam menjaga dan memelihara keamanan dan ketertiban umum di wilayah Kota Denpasar.

Wakil Walikota Denpasar, Kadek Agus Arya Wibawa mengatakan Rapat Koordinasi ini merupakan peningkatan komunikasi dan sinergitas antar pimpinan daerah di Kota Denpasar dalam mengantisipasi kerawanan perayaan Nataru di Kota Denpasar.

“Melalui komunikasi dan sinergitas yang baik antar pimpinan daerah diharapkan dapat meningkatkan pelaksanaan tugas tugas pimpinan daerah untuk mewujudkan ketentraman dan ketertiban masyarakat serta stabilitas daerah,” ujarnya.

Sementara Kepala Kesbangpol Kota Denpasar, Anak Agung Gede Dharma Putra Atmadja menjelaskan, adapun komitmen bersama ini terdiri dari pelaksanaan koordinasi, fasilitasi, pengendalian, dan memonitor persiapan pelaksanaan Libur Natal Tahun 2023 dan Tahun Baru 2024. Pihaknya saat ini sudah memetakan kegiatan-kegiatan keagamaan di rumah/tempat ibadah khususnya  pada perayaan ibadah Natal.

Selain itu, tim yang dibentuk nantinya diharapkan mampu membangun kordinasi bersama Forkopimda untuk melakukan pengamanan. Juga memastikan kesiapan sarana transportasi penumpang/barang dan simpul transportasi (terminal, stasiun, bandara  dan pelabuhan) di wilayah masing-masing.7 mis

Komentar