nusabali

Buah untuk Obat Sariawan yang Ampuh

  • www.nusabali.com-buah-untuk-obat-sariawan-yang-ampuh

JAKARTA, NusaBali.com - Sariawan tentunya membuat orang merasa tidak nyaman dan kadang menghilangkan nafsu makan. Mengatasi nyeri sariawan ternyata tidak harus selalu menggunakan obat. Ada berbagai buah untuk obat sariawan yang bisa meringankannya.

Di Indonesia, berbagai buah-buahan seperti bisa didapatkan dengan mudah mulai dari jenis buah tropis seperti nanas, pisang, alpukat hingga buah beri-berian seperti strawberry. 

Buah untuk Obat Sariawan 

Berikut ini berbagai jenis buah-buahan untuk sariawan yang dapat dicoba di rumah:

* Semangka 

Salah satu buah Segar Kumala Indonesia untuk sariawan yang dapat dicoba adalah semangka. Semangka sudah lama dijadikan pengobatan tradisional Tiongkok sebagai cara mengatasi sariawan. Mengkonsumsi semangka dalam porsi yang cukup bisa mengurangi nyeri pada luka yang meradang. Anda juga dapat mengoleskan semangka dingin ke area yang sakit untuk penyembuhan yang lebih cepat. Di luar itu, kandungan air yang cukup banyak bisa menghidrasi tubuh secara optimal. 

* Pisang 

Pisang adalah buah yang dapat dikonsumsi untuk mengatasi sariawan. Peneliti menemukan bahwa pisang tidak hanya mengurangi peradangan namun juga punya efek antioksidan. Buah ini bisa membantu menjaga sel-sel kekebalan tubuh agar berfungsi dengan optimal. Hindari mengolah pisang dengan digoreng untuk mengurangi kemerahan dan nyeri pada sariawan. 

* Apel 

Apel kaya akan polifenol yang tidak hanya mengurangi peradangan namun juga membantu tekanan darah supaya tetap stabil. Buah untuk sariawan ini juga mengandung quercetin dan procyanidins. Quercetin adalah senyawa untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Meningkatkan imunitas tubuh adalah salah satu cara mengobati sariawan pada bibir. Kandungan serat yang tinggi pada apel juga berfungsi menjaga kebersihan gigi dari bakteri yang menumpuk. 

* Anggur Beku 

Buah lainnya dari grosir buah import yang bagus untuk sariawan adalah anggur. Sepertinya hampir setiap orang menyukai buah-buahan yang satu ini. Meskipun demikian, anggur yang beku lebih direkomendasikan untuk mengobati peradangan di daerah mulut. Buah ini mengandung vitamin A, vitamin B dan kandungan airnya yang cukup tinggi. Senyawa di dalamnya bisa mempercepat proses penyembuhan sariawan yang diderita. Flavonoid myricetin dan quercetin juga ditemukan dalam anggur. 

* Buah Pir 

Buah pir mengandung beberapa vitamin dan mineral yang baik untuk mengurangi peradangan. Vitamin C dalam buah untuk sariawan ini cukup tinggi dan baik untuk kesehatan. Bahkan manfaat buah pir bisa dirasakan untuk kesehatan mulut. Buah pir bisa membantu mengurangi asam dan penumpukan plak yang bisa membantu mencegah kerusakan gigi. 

* Blimbing Wuluh 

Kandungan flavonoid dalam blimbing wuluh seperti asam galat, epicatechin dan quercetin bisa membantu mencegah peradangan. Dengan antioksidannya, senyawa ini menetralkan radikal bebas berbahaya yang menyebabkan peradangan pada mulut. Yang menarik adalah buah untuk obat sariawan ini cukup mudah untuk didapatkan. Rasanya juga tidak begitu asam menjadikan salah satu buah yang dapat dikonsumsi ketika sariawan. 

* Mangga 

Kalau anda pecinta mangga, selamat, buah ini masuk ke dalam buah yang bisa mengobati sariawan. Mangga punya kandungan mineral dan vitamin yang cukup banyak mulai dari vitamin B1, B2, vitamin C sampai dengan asam folat. Selain dapat meringankan gejala sariawan, buah ini juga bisa mengatasi influenza. Selain bisa dikonsumsi langsung, buah mangga dari fruit importer dapat diolah dengan cara dibuat jus atau dibuat makanan olahan. 

* Pepaya

Sifat antiradang dalam buah ini cukup ampuh. Buah ini tidak akan membuat sariawan bertambah perih karena rasanya yang manis dan tidak asam. Pepaya juga memiliki serat yang cukup  tinggi dan bermanfaat untuk pencernaan. Buah ini juga mengandung antioksidan dan vitamin C yang tinggi sehingga cukup bermanfaat untuk mengatasi peradangan pada tubuh. 

* Kiwi 

Buah berwarna hijau ini juga termasuk dalam buah untuk sariawan. Kiwi kaya akan vitamin C dan serat yang tinggi sehingga baik bagi kesehatan tubuh. Selain mengurangi gejala sariawan, buah ini juga berfungsi dalam menjaga kesehatan jantung, pencernaan dan kekebalan tubuh. Makan 1 sampai dengan 3 kiwi per hari diyakini cukup untuk mendapatkan manfaatnya. Pastikan kiwi yang dikonsumsi benar-benar matang agar tidak terasa asam. 

* Jambu Biji 

Jambu biji diyakini bisa mengurangi peradangan pada mulut. Manfaat buah untuk sariawan ini bisa mengurangi rasa sakit dan kemerahan pada area di sekitarnya. Ada banyak cara mengolah buah jambu biji ini di rumah mulai dari mengkonsumsinya secara langsung atau dijadikan sebagai larutan obat kumur. Khasiat dalam jambu biji bahkan bisa mengurangi gejala pada penderita demam berdarah. 

* Alpukat 

Alpukat termasuk dalam buah untuk sariawan. Rasanya yang manis dan tidak terlalu asam cukup aman dimakan saat mulut sedang sariawan. Manfaatnya juga bisa dirasakan untuk hal lainnya. Buah ini mengandung lemak tidak jenuh yang cukup tinggi dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung serta menurunkan tekanan darah. buah ini adalah sumber folat, kalium, dan serat yang sangat baik bagi pencernaan.

Komentar